Cara Membuat Dedicated Server dan Virtual Server

cara membuat server

Dalam era digital tentunya kini pengelolaan bisnis dan kebutuhan individu terkadang membutuhkan daya server yang cukup handal untuk menghosting aplikasi, situs website, dan juga layanan online. Dua server yang sering digunakan oleh banyak perusahaan adalah dedicated server dan juga virtual private server. Kedua server ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, bahkan pemilihan server yang akan Anda gunakan juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda sekarang. Namun, apakah bisa membuat dedicated server dan virtual private server sendiri dan dengan mudah?

Tentunya untuk membuat dedicated server dan juga virtual private server, Anda perlu memahami tentang segala bentuk masalah dan kebutuhan IT, tetapi jika Anda ingin tahu cara membuat dedicated server dan virtual private server dengan mudah, Anda bisa membuatnya melalui penyedia layanan server yang sudah memiliki pengalaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, sebelum Anda mencari tahu cara membuat dedicated server dan virtual private server, Anda perlu tahu tentang apa itu dedicated server dan virtual server, agar saat memilih untuk menggunakannya, Anda tidak salah pilih!

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated server adalah sebuah server berbentuk fisik yang digunakan dan dibuat oleh satu pengguna saja, sehingga pemilik dedicated server perlu memiliki ruangan khusus, tenaga ahli

dan skill untuk mengelola server ini. Namun, fungsi dedicated server dan cloud server adalah sama-sama menyimpan data pengguna.

Dedicated server memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas konfigurasi dan pengelolaan server bisnis Anda sendiri. Hal ini menjadi perbedaan dasar antara cloud.

Apa itu Virtual Private Server?

Virtual Private Server (VPS) adalah bentuk hosting web yang menggabungkan fitur dari shared hosting dan dedicated server. Dalam virtual private server, satu server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual, di mana masing-masing server virtual berfungsi sebagai server mandiri dengan sumber daya terisolasi, termasuk CPU, RAM, dan ruang penyimpanan.

Cara Kerja Dedicated Server dan Virtual Server

Cara kerja dedicated server juga adalah dengan menggunakan jaringan internet dalam aktivitasnya, hanya saja Anda memiliki akses fisik langsung ke server yang membuat Anda bisa mengkonfigurasi, mengelola, dan memantau server sesuai kebutuhan Anda.

Sementara, cara kerja virtual private server juga cukup sederhana dan sama-sama menggunakan internet sebagai sebuah jaringannya, cara kerja VPS adalah Anda hanya perlu memesan VPS ke penyedia layanan server dan Anda bisa mengatur sistem operasi, menginstal software, serta mengelola sistem website atau aplikasi sama seperti dedicated server. VPS juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Cara Membuat Dedicated Server

1. Pilih Spesifikasi Hardware

Langkah pertama dalam membuat dedicated server adalah dengan menentukan spesifikasi server yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, coba untuk mengecek jumlah CPU, RAM, dan kapasitas penyimpanan SSD dan HDD dengan kualitas terbaik, dan memiliki jaringan yang stabil. Namun, spek diatas harus diperhatikan dan disesuaikan dengan keuangan perusahaan.

2. Pilih Penyedia Data Center

Jika Anda masih bingung terkait hardware dedicated server, Anda bisa membeli dedicated server dari penyedia layanan hosting atau data center. Namun, sebaiknya pilih penyedia data center yang sudah memiliki reputasi yang baik.

3. Pilih Lokasi Server

Penyedia layanan hosting umumnya memiliki lokasi server yang berbeda-beda. Anda perlu memilih lokasi data center yang dekat dengan lokasi target audiens Anda atau dekat dengan kantor perusahaan agar bisa mengoptimalkan kinerja.

4. Pesan Dedicated Server

Anda bisa memesan dedicated server sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh penyedia data center. Umumnya Anda dapat memilih dari berbagai opsi konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Konfigurasi Server

Anda perlu melakukan konfigurasi server setelah dedicated server sudah aktif, melakukan konfigurasi sistem operasi yang Anda pilih seperti Linux atau Windows Server. Anda juga perlu mengatur keamanan dan menginstal aplikasi atau software yang diperlukan untuk keperluan aplikasi dan layanan yang akan dijalankan di server.

6. Pemeliharaan dan Pengelolaan

Langkah terakhir adalah melakukan pemeliharaan dan pengelolaan rutin untuk menjaga kinerja dan keamanan server. Jangan lupa untuk melakukan backup data secara teratur dan menerapkan update otomatis untuk keamanan lebih terjaga.

Cara Membuat Virtual Private Server

1. Pilih Penyedia VPS

VPS menggunakan server virtual yang biasanya diberikan oleh penyedia layanan server untuk itu pastikan Anda memilih penyedia VPS yang sesuai dengan kebutuhan dan yang bisa menawarkan lingkungan virtualisasi yang mendukung operasi yang ingin Anda gunakan.

2. Pilih Spesifikasi VPS

Langkah selanjutnya untuk membuat VPS adalah Anda perlu memeriksa jumlah CPU, RAM, ruang disk, dan sistem operasi. Beberapa penyedia VPS juga umumnya menyediakan opsi skala otomatis yang memungkinkan sumber daya bisa beradaptasi sesuai kebutuhan aplikasi Anda.

3. Akses dan Konfigurasi VPS

Setelah menentukan jenis VPS dan spesifikasi apa yang Anda butuhkan, selanjutnya Anda akan diberikan akses ke lingkungan virtual Anda melalui koneksi jaringan yang aman. Segera lakukan konfigurasi sistem operasi, keamanan, serta instalasi perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.

4. Pemeliharaan dan Update

Lakukan pemeliharaan, pengelolaan, dan update secara rutin untuk menjaga kinerja VPS. Hal ini meliputi pemantauan kesehatan VPS, pembaruan perangkat lunak, dan backup data secara teratur.

Memilih untuk membuat dedicated dan VPS server sama-sama membutuhkan pengetahuan teknis serta biaya yang berbeda. Bagi Anda yang masih memiliki bisnis lanjutan dan memiliki budget tertentu, VPS bisa menjadi jawabannya karena sudah menggunakan virtualisasi dan lebih hemat biaya. Untuk Anda yang membutuhkan konsultasi terkait virtual private server (VPS), Zettagrid Indonesia akan membantu Anda untuk mewujudkan server yang aman, mudah, dan hemat dengan adanya bantuan backup data juga. Segera hubungi sales@zettagrid.id atau melalui form ini.