Keuntungan Menggunakan Virtual Private Server untuk Perusahaan

Saat ini, penggunaan cloud server menjadi salah satu hal paling penting yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan, karena keamanan dan kinerja menjadi salah satu prioritas utama dalam dunia bisnis. Tidak hanya itu, cloud server juga digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan fleksi bilitas operasional bisnis. Seperti yang Anda ketahui ada berbagai server yang bisa diadopsi seperti public server, virtual private server, atau hybrid server.

Seperti yang Anda ketahui, virtual private server atau private server ini merupakan sebuah layanan cloud computing yang menawarkan infrastruktur bersifat pribadi, tetapi tetap memiliki manfaat yang sama seperti public cloud yaitu memberikan tingkat keamanan data dan skalabilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadi, Anda bisa memiliki kontrol dan akses secara eksklusif terhadap sumber daya server tanpa perlu berbagi dengan pengguna lain yang juga menyewa dari penyedia cloud. Ada beberapa jenis virtual private server (VPS) yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

Jenis-Jenis Virtual Private Server

1. KVM

KVM atau Kernel-Based Virtual Machine adalah sebuah teknologi virtualisasi full hardware yang umumnya dijalankan dengan sistem operasi Linux. Kelebihan dari virtual private server ini adalah bisa menjadi hosting yang stabil karena dapat langsung diinstal pada server fisik, selain itu jenis VPS ini juga sangat efisien karena aktivitas VPS tidak akan terganggu dengan pengguna VPS lainnya.

2. HVM

Jenis VPS selanjutnya adalah HVM yang memiliki fungsi virtual private server yang sama dengan KVM karena memiliki kendali yang penuh dalam virtualisasi perangkat keras, bahkan jenis ini bisa beroperasi langsung tanpa menggunakan konfigurasi tambahan dan bisa dijalankan dengan OS Windows atau Linux.

3. OpenVZ

VPS berbasis OpenVZ merupakan jenis VPS yang menggunakan teknologi open source, sehingga memungkinkan pengguna berbagi hosting dengan pengguna VPS lainnya. Walaupun, berbagi sistem yang sama, tetapi pengguna tetap terisolasi dari satu sama lain.

4. Microsoft Hyper-V

Jenis virtual private server yang terakhir adalah Microsoft Hyper-V yang biasanya digunakan oleh perusahaan yang berurusan dengan sistem operasi Windows. Namun, pengguna OS Linux tetap bisa mengoperasikannya. Dibandingkan jenis VPS yang lain, microsoft Hyper-V memiliki harga yang lebih mahal, tetapi tetap user friendly.

5. VMware

Jenis virtual private server yang digunakan oleh Zettagrid, di mana dalam hitungan menit, virtual server ini dapat aktif digunakan. Didukung oleh teknologi terdepan dari VMware yang termasuk sebagai dedicated server, pengguna dapat dengan mudah mengakses kontrol penuh melalui konsol untuk memantau dan mengelola server. Dengan harga yang terjangkau, sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Keuntungan Virtual Private Server

1. Memiliki Tingkat Keamanan yang Tinggi

Keuntungan pertama dari virtual private server adalah memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena Anda memiliki akses dan kendali dalam membuat langkah-langkah keamanan yang akan diaplikasikan. Anda juga dapat mengatur kebijakan keamanan, mengaktifkan firewall, dan mengenkripsi data sesuai kebutuhan bisnis Anda.

2. Kinerja Server Lebih Optimal

Dengan menggunakan VPS, sumber daya server bisnis Anda tidak akan terbagi dengan orang lain, sehingga hanya Anda yang bisa mengisi kebutuhan penyimpanan data sesuai dengan keperluan bisnis atau perusahaan Anda. Hal ini juga yang membuat kinerja server lebih optimal, responsif, dan lebih konsisten.

3. Skalabilitas Terkendali

Keuntungan dari VPS lainnya adalah bisa mengelola sumber daya dan mengalokasikannya sesuai dengan pertumbuhan bisnis Anda, sehingga bisa lebih fleksibel. Anda juga bisa menyesuaikan kapasitas server seperti menambah atau mengurangi sumber daya apabila ada permintaan yang melonjak.

4. Kebebasan Konfigurasi dan Pengelolaan

Anda bisa memiliki kontrol penuh atas konfigurasi dan pengelolaan server. Bahkan, Anda dapat menginstal software tambahan dan mengoptimalkan peraturan server sesuai kebutuhan bisnis Anda.

5. Integrasi Hybrid

Keuntungan virtual private server yang terakhir adalah jenis ini bisa dilakukan hibridisasi yang dapat memperluas sumber daya cloud ketika Anda membutuhkan sumber daya cloud

tambahan, dengan begitu Anda bisa menghemat biaya karena tidak perlu memasang server fisik tambahan.

Setelah mengetahui jenis dan keuntungan dari virtual private server (VPS), Sekarang Anda bisa menerapkan hal ini dalam bisnis yang sedang Anda jalani. Sebagai salah satu provider virtual private server, Zettagrid akan memberikan solusi cloud computing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bisnis Anda. Anda juga tidak perlu meragukan kualitas layanan kami, karena kami sudah memiliki sertifikasi dari ISO 270001, ISO 9001, PCI DSS, VMWare, Zerto, Veeam, dan PSE Kominfo Republik Indonesia.