Perbedaan Cloud Server dan Dedicated Server Indonesia untuk Bisnis

Di era digital saat ini, teknologi server sudah semakin dikenal oleh para pemilik bisnis karena server berguna untuk menyimpan data, menjalankan aplikasi, dan menjalankan website. Bicara tentang server, mungkin ada yang sudah tidak asing lagi dengan cloud server dan dedicated server. Namun, sebelum Anda memilih menggunakan cloud server atau dedicated server, sebaiknya ketahui dulu perbedaannya.

Kedua server ini memiliki karakteristik yang berbeda, tetapi sama-sama memiliki fungsi untuk menyimpan data bisnis Anda, agar Anda lebih paham tentang perbedaan cloud server dan dedicated server, berikut adalah penjelasannya:

Perbedaan Cloud Server dan Dedicated Server

Apa itu Cloud Server?

Cloud server atau cloud computing adalah layanan yang menggunakan internet untuk memberikan akses sesuai permintaan kepada pelanggan ke kumpulan sumber daya komputasi yang dapat dikonfigurasi bersama. Umumnya, infrastruktur server berada di pusat data yang dikelola oleh penyedia layanan cloud layaknya Zettagrid Indonesia.

Cara Kerja Cloud Server

Cloud server memiliki cara kerja yang sangat sederhana dan seluruh aktivitasnya menggunakan jaringan internet. Cloud server akan bekerja dengan cara meningkatkan ketersediaan dan keandalan melalui berbagai tingkat redundansi dan mekanisme failover.

Nantinya cloud server akan membuat pengguna bisa mengakses sumber daya yang dibutuhkan. Cloud server juga menyediakan lapisan abstraksi antara pengguna dengan pelanggan dan lapisan infrastruktur fisik yang mendukung.

Apa itu Dedicated Server?

Berbeda dengan cloud server yang memiliki infrastruktur server data yang bisa digunakan oleh banyak jaringan server, dedicated server adalah sebuah server berbentuk fisik yang digunakan dan dibuat oleh satu pengguna saja, sehingga pemilik dedicated server perlu memiliki ruangan khusus, tenaga ahli dan skill untuk mengelola server ini. Namun, fungsi dedicated server dan cloud server adalah sama-sama menyimpan data pengguna.

Dedicated server memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol penuh atas konfigurasi dan pengelolaan server bisnis Anda sendiri. Hal ini menjadi perbedaan dasar antara cloud.

Cara Kerja Dedicated Server

Tidak berbeda jauh dengan cara kerja cloud server, cara kerja dedicated server juga hampir serupa yaitu menggunakan jaringan internet dalam aktivitasnya, hanya saja Anda memiliki akses fisik langsung ke server yang membuat Anda bisa mengkonfigurasi, mengelola, dan memantau server sesuai kebutuhan Anda.

Perbedaan Cloud Server dan Dedicated Server

1. Biaya Operasional

Perbedaan pertama dari cloud server dan dedicated server adalah biaya operasionalnya, untuk memiliki dedicated server Anda akan membutuhkan biaya yang cukup tinggi karena Anda akan memiliki infrastruktur fisik secara mandiri dan juga butuh biaya untuk maintenance.

Sementara, untuk biaya operasional cloud server akan disesuaikan dengan kebutuhan atau layanan yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalani saat ini, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar di awal.

2. Infrastruktur Fisik

Cloud server akan menggunakan infrastruktur virtual di pusat data yang sudah disediakan oleh penyedia cloud, beberapa sumber daya server seperti CPU, RAM, dan penyimpanan akan dibagi di antara beberapa pengguna secara terpisah, sementara dedicated server akan memungkinkan Anda untuk memiliki server fisik secara utuh dalam kepemilikannya.

3. Keamanan

Perbedaan cloud server dan dedicated server selanjutnya ada di tingkat keamanan karena dedicated server sepenuhnya dikelola oleh tangan pertama, maka keamanannya juga ditangani oleh pengguna sendiri, sehingga semua keamanan akan diimplementasikan sesuai kebijakan perusahaan Anda.

Keamanan cloud server akan ditangani oleh layanan penyedia cloud secara ketat, penyedia cloud akan melindungi data pengguna melalui enkripsi, firewall, dan kontrol akses yang mana juga, sehingga pengguna perlu mempercayai penyedia cloud untuk menjaga kerahasiaan data bisnis Anda.

4. Skalabilitas dan Elastisitas

Penggunaan cloud server disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga cloud server akan memberikan skalabilitas yang tinggi. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan sumber daya server sesuai kebutuhan bisnis, bahkan hal tersebut juga bisa diubah secara cepat.

Sementara, dedicated server memiliki skalabilitas terbatas. Jika bisnis Anda membutuhkan peningkatan sumber yang tinggi, maka Anda perlu menambah atau melakukan upgrade perangkat keras maupun server tambahan yang dibutuhkan, tentunya hal ini akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, memilih cloud server untuk kebutuhan bisnis Anda yang masih berkembang adalah pilihan yang tepat, karena cloud server lebih fleksibel, murah, mudah digunakan, dan menawarkan tingkat ketersediaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sebagai salah satu cloud provider yang ada di Indonesia, Zettagrid Indonesia bisa menjadi solusi layanan cloud server untuk bisnis Anda, karena kami bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi kami melalui email ke sales@zettagrid.id