Cara Upload Website ke Hosting dengan Cepat dan Mudah

Cara Upload Website ke Hosting dengan Cepat dan Mudah

Ketika memiliki sebuah bisnis, ada berbagai cara untuk memasarkan sebuah produk atau agar produk dan jasa yang perusahaan Anda tawarkan bisa dikenal oleh masyarakat luas yaitu dengan cara membuat sebuah situs website, dengan membuat situs website ke hosting akan membuat Anda lebih mudah untuk mengenalkan keunggulan dari produk dan jasa yang ditawarkan. Namun, sebelum meng-upload website ke hosting, kamu perlu tahu dahulu apa itu hosting dan bagaimana cara upload website ke hosting, agar bisa lebih mudah.  

Cara upload website ke hosting juga cukup mudah, apalagi saat ini ada banyak penyedia layanan penyedia hosting yang bisa membantu Anda untuk membuat dan mendistribusikan website tanpa ribet, jadi dengan hal ini cara upload website ke hosting akan lebih cepat dan tidak ribet. Berikut adalah pengertian hosting, apa saja yang dibutuhkan untuk upload website ke hosting, dan bagaimana cara upload website ke hosting dengan mudah, cepat, dan sederhana!  

Apa itu Hosting?  

Hosting adalah layanan yang menyediakan tempat untuk menyimpan dan mengakses berbagai jenis data termasuk situs website, aplikasi, video, atau berkas lainnya melalui jaringan internet. Secara umum, hosting adalah tempat di mana data atau konten Anda akan ditempatkan atau di-host agar dapat diakses secara online oleh pengguna dari seluruh dunia.  

Fungsi Hosting?  

Secara keseluruhan, hosting memiliki fungsi untuk menyimpan semua file dan data yang membentuk situs website Anda. Ketika ada pengguna yang mengakses alamat URL dari situs perusahaan Anda, perangkat lainnya akan terhubung ke server hosting tempat situs Anda ditempatkan dan halaman website yang ditampilkan oleh pengguna.  

Jenis-jenis Hosting  

Ada berbagai jenis hosting yang perlu Anda ketahui dahulu sebelum melihat dan memulai bagaimana cara mengupload website ke hosting, beberapa jenis hosting yang umumnya tersedia adalah:  

1. Shared Hosting  

Jenis hosting ini akan menggunakan sumber daya server dan situs website secara berbagi, jenis hosting ini adalah yang paling cocok jika Anda masih memiliki perusahaan yang belum terlalu besar.  

2. Virtual Private Server  

Virtual Private Server (VPS) adalah sebuah hosting virtual yang terpisah di server fisik yang dibagi dengan pengguna lain, hal ini bisa memberikan lebih banyak kontrol dan sumber daya dibandingkan dengan shared hosting.  

3. Dedicated Hosting  

Ketika menggunakan dedicated hosting, bisa Anda mendapatkan server fisik secara eksklusif untuk situs website Anda tanpa berbagi sumber daya dengan pengguna lain. Solusi ini paling cocok untuk perusahaan yang memiliki lalu lintas cukup tinggi.  

4. Cloud Hosting  

Jenis hosting selanjutnya adalah cloud hosting, dalam jenis ini situs website Anda di-host pada jaringan server terhubung melalui “cloud” yang dapat dengan mudah diatur dan ditingkatkan sesuai kebutuhan.  

5. Managed Hosting  

Sesuai namanya, website Anda akan dikelola dan diurus oleh penyedia hosting seperti pemeliharaan server dan keamanan.  

Penyedia Layanan Hosting  

Untuk meng-upload website ke Hosting dengan mudah sebenarnya Anda visa menyerahkan semua urusan ini ke penyedia layanan hosting. Apa itu penyedia layanan hosting? Penyedia layanan hosting adalah mereka yang menyediakan server yang terhubung ke internet secara terus menerus, sehingga situs website Anda bisa diakses oleh siapa saja dan kapanpun.  

Cara Upload Website ke Hosting  

Untuk melakukan upload website ke hosting sebenarnya cukup mudah apalagi jika Anda memang menggunakan penyedia layanan hosting tentunya hal ini akan membuat Anda tidak perlu repot untuk memelihara dan memantau server yang akan digunakan oleh perusahaan Anda.  

Dalam meng-upload website ke hosting, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat!  

1. Memilih Penyedia Hosting  

Langkah yang paling utama untuk meng-upload website ke hosting adalah Anda perlu memilih penyedia hosting yang terpercaya, memiliki pengalaman, dan juga sesuai dengan kebutuhan website perusahaan Anda.  

2. Memilih Akun Hosting  

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika Anda bisa memilih berbagai jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, jadi pilih layanan hosting yang paling sesuai!  

3. Daftar Akun dan Mendapatkan Informasi Akun  

Setelah memilih hosting yng akan digunakan, nantinya Anda akan diarahkan untuk membuat akun hosting dan mendapatkan informasi penting terkait hosting seperti alamat server, username, dan password untuk mengakses akun hosting Anda,  

4. Upload File Website  

Anda juga bisa meng-upload file website melalui berbagai cara seper FTP (File Transfer Protocol) atau menggunakan fitur file manager di panel kontrol hosting Anda.  

5. Konfigurasi DNS  

Pastikan DNS situs website Anda diarahkan ke server hosting. Anda dapat melakukannya dengan mengubah pengaturan DNS pada registrar  website Anda.  

6. Uji Coba Website  

Jangan lupa untuk melakukan uji coba website ketika semua file sudah diunggah dan DNS sudah diatur dan Anda perlu memastikan semua fungsi website bisa berjalan dengan baik.  

7. Periksa Kinerja  

Setelah melakukan uji coba hosting, maka langkah selanjutnya adalah periksa kinerja dari website Anda, apakah semua fitur bisa digunakan dan jangan sampai ada masalah yang terlewat, jadi perbaiki dan periksa secara keseluruhan!  

8. Backup Secara Berkala  

Walaupun, website Anda akan dikelola oleh penyedia layanan hosting, tentunya Anda perlu melakukan backup secara berkala dari website Anda, lakukan backup secara otomatis jika tidak ingin membuang waktu.  

Setelah semuanya selesai, Anda perlu memantau kinerja dan keamanannya, Anda juga perlu melakukan backup secara rutin untuk melindungi data Anda dan memastikan website tetap berjalan dengan baik dan data tetap terlindungi dengan aman, bagi Anda yang ,masih bingung mencari layanan cloud backup, Anda bisa menggunakan Zettagrid Indonesia sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan Veeam Backup untuk mendapatkan layanan cloud backup yang terjadi, untuk informasi lebih lanjut perihal solusi kebutuhan IT, Anda juga bisa menghubungi tim Zettagrid Indonesia di +62-811-28-38-78.