3 Manfaat Penggunaan Object Storage

Manfaat Object Storage

3 Manfaat Penggunaan Object Storage

Seiring dengan berkembangnya teknologi, pertumbuhan data di dunia ini juga semakin membesar. Bahkan menurut prediksi yang dilakukan oleh IDC, di tahun 2025 pertumbuhan data dapat mencapai 175 ZB (1 ZB= 1 Milyar TB). Data sebesar ini biasanya berasal dari berbagai sumber, seperti social media, e-mail, transaksi online, video, gambar, GPS, dan lainnya. Tentunya data ini dapat menunjang pertumbuhan dunia digital kedepannya dan sangat berharga bagi perusahaan, dari mulai untuk mengembangkan machine learning hingga untuk kemampuan analytics. Seluruh data ini dapat digunakan suatu perusahaan untuk dianalisa dan kemudian di olah menjadi suatu produk baru, bisnis baru, bahkan bisa juga untuk mengetahui kebiasaan dari konsumen.

Dengan pertumbuhan data yang begitu pesatnya, tentu data ini sudah tidak dapat lagi disimpan ke storage atau penyimpanan tradisional. Apalagi seiring dengan perkembangan zaman, regulasi, teknologi, dan kehidupan sosial masyarakat juga berubah. Untuk itu perlu solusi yang canggih untuk perusahaan menyimpan data yang potensial untuk bisnisnya. Salah satunya dengan Object Storage.

Object storage adalah layanan penyimpanan dan pengambilan object yang tidak terstruktur  menggunakan suatu web API. Lalu apa saja manfaat dari Object Storage bagi pelaku bisnis dengan pertumbuhan data yang sangat tinggi setiap harinya? Yuk simak 3 manfaat penggunaan object storage berikut ini:

  1. Memiliki Keandalan yang tinggi / Highly reliable

Dengan pekembangan jaman, pastinya banyak juga terjadi perubahan, untuk itu diperlukan penyimpanan data yang andal juga. Sehingga ketika terjadi perubahan sistem atau penyimpanan data dapat beradaptasi dengan cepat. Selain itu, dengan storage yang andal, pelaku usaha juga dapat memperbesar dan memperkecil kapasitas storage dengan mudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Bebas biaya CapEX

Dengan menggunakan object storage, perusahaan anda tidak perlu lagi memikirkan biaya CapEx yang sangat besar untuk membeli hardware penyimpanan. Belum lagi biaya operasional (OpEx) dan biaya perawatan yang juga tinggi, dari mulai membayar listrik, lisensi software, membayar teknisi IT, dan biaya lainnya.

3. Biaya OpEx sesuai kebutuhan

Dengan menggunakan object storage, biaya operasional yang perusahaan keluarkan juga akan sesuai dengan kebutuhan. Biaya ini bergantung dengan kapasitas storage yang digunakan. Sehingga perusahaan dapat melakukan efisiensi dengan maksimal.

Saat ini Arupa Cloud Nusantara sebagai induk perusahaan dari Zettagrid Indonesia, tengah mengembangkan Arupa Object Storage yang sebentar lagi sudah bisa dirasakan manfaatnya bagi pelaku bisnis. Tidak hanya itu, Arupa juga memberikan gratis penggunaan hingga 100 TB tanpa kontrak dan biaya minimum sepeserpun. Tertarik dengan produk ini? hubungi kami di layanan livechat hanya di www.zettagrid.id atau e-mail ke sales@zettagrid.id