Kenali 5 Keuntungan Dalam Menggunakan Cloud Backup 

cloud backup

Kenali 5 Keuntungan Dalam Menggunakan Cloud Backup 

Era digital telah memberi peluang terhadap pengusaha untuk mengadopsi teknologi demi perjalanan bisnisnya. Hal ini pun pastinya mempengaruhi bisnis untuk berjalan secara lebih fleksibel dan efisien. Tak hanya itu, penggunaan teknologi yang kian masif juga turut membuka jalan bagi keterbukaan informasi yang lebih luas. Sehingga, memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan komunikasi.

Namun, tanpa disadari peluang keterbukaan informasi juga dapat memberi ancaman serius, terutama bagi para pengusaha. Bencana kehilangan data tentunya dapat terjadi ketika IT bisnis terjangkit virus maupun malware. Akibatnya, hal ini dapat memberikan dampak buruk kepada kinerja pengusaha dan keberlangsungan bisnis di masa mendatang. Untuk itu, cloud backup bisa menjadi solusi bisnis ketika server organisasi mengalami bencana tersebut.

Dengan menggunakan cloud backup, pengusaha pastinya dapat mengembalikan data yang rusak atau hilang karena bencana maupun human error. Selain itu, sistem layanan pencadangan data berbasis cloud ini juga memiliki berbagai keuntungan untuk pengusaha. Beberapa keuntungan tersebut dapat disimak pada ulasan berikut ini!

  1. Kenyamanan dan kemudahan recovery data

Tidak perlu khawatir jika data bisnis secara tidak sengaja terhapus oleh pengguna. Sebab dengan cloud backup, organisasi bisa mendapatkan kembali data yang telah hilang dengan menggunakan fitur data recovery. Tak hanya itu, backup data juga dapat diatur sesuai kebutuhan waktu pengguna. Mulai dari perjam, harian, mingguan, hingga waktu-waktu tertentu yang diperlukan.

  1. Keamanan Lebih Terpercaya

Jika Anda bertanya-tanya tentang sistem keamanan data pada cloud backup, Anda tidak perlu khawatir. Sebab keamanan pada sistem ini lebih terpercaya karena terdapat pemeliharaan dan pemantauan dalam pusat data secara global. Selain itu, pencadangan dengan menggunakan jaringan internet juga tidak mudah mengalami gangguan, karena terdapat sistem enkripsi data sebagai pengaman sistem.

  1. Kapasitas Pencadangan Lebih Besar

Sebagai antisipasi terhadap kerusakan atau kehilangan data, upaya pencadangan dapat dilakukan secara optimal mengingat kapasitas backup yang besar. Kapasitas ini didukung dengan menggunakan server yang berpusat dengan server lainnya, sehingga dapat meningkatkanan layanan pencadangan data.

  1. Akses informasi lebih fleksibel

Tak diragukan lagi, teknologi cloud membawa manfaat bagi penggunanya. Hal ini bisa dilihat dari kecepatan akses informasi yang lebih fleksibel dengan menggunakan beragam perangkat teknologi dan internet. Tak hanya itu, sistem pencadangan berbasis cloud juga dapat bekerja secara berkala. Sehingga, semua data yang masuk bisa langsung dicadangkan sesuai dengan sistem layanan pencadangan yang telah diatur.

  1. Efisiensi Biaya

Jika Anda berniat menggunakan sistem layanan cloud, Anda tidak perlu lagi khawatir soal biaya. Sebab, pada dasarnya sistem layanan cloud menerapkan sistem pay as you use atau besarnya biaya yang dikeluarkan berdasarkan kapasitas penggunaan. Sehingga, pengusaha tidak perlu membayar untuk fasilitas yang tidak digunakan dan bisa mengantisipasi jumlah pengeluaran. Untuk itu, cloud backup dapat dikatakan lebih terjangkau dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan on-premise.

Zettagrid Indonesia menyediakan layanan cloud computing berupa Backup as a Service (BaaS), untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencadangan. Zettagrid Indonesia juga merupakan Cloud Verified Partner dari VMware dan memiliki lokasi data center di Jakarta dan Cibitung. Kami berkomitmen untuk lebih dekat dan siap sedia membantu Anda selama 24/7. 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cloud, Anda bisa menghubungi kami di sini atau melalui tim kami di sales@zettagrid.id.