Perlukah Cloud Backup untuk Microsoft 365? Berikut Manfaatnya Bagi Perusahaan

backup microsoft 365

Dalam tren migrasi cloud, sudah banyak perusahaan yang menggunakan layanan Software-as-a-service (SaaS) seperti Microsoft 365, kemudahan yang diberikan oleh Microsoft 365 dalam layanan kolaborasi online menjadi salah satu faktor pendukung banyaknya perusahaan yang beralih ke Microsoft 365 untuk membuat, menyimpan, dan mendistribusikan data. 

Namun, masih banyak orang yang beranggapan bahwa tidak perlu untuk melakukan backup data pada layanan SaaS cloud, akan tetapi data yang dibuat dan disimpan dalam Microsoft 365 juga bisa hilang dan rusak karena berbagai alasan seperti kesalahan software karena adanya virus atau kesalahan dari penggunanya. Untuk itu, pentingnya melakukan cloud backup pada layanan Microsoft 365. 

Cloud backup pada Microsoft 365 bisa mengurangi kerugian data dari ancaman ransomware atau resiko kehilangan data lainnya. Jadi, jika ditanya apakah penting menggunakan cloud backup pada Microsoft 365? Jawabannya adalah iya, agar Anda bisa lebih yakin untuk menggunakan cloud backup tambahan pada layanan Microsoft 365, berikut empat manfaat dari penggunaan cloud backup pada Microsoft 365! 

Manfaat Cloud Backup Microsoft 365

1. Melindungi Data dari Kesalahan Pengguna 

Tidak hanya karena kesalahan software atau hardware saja yang bisa menyebabkan resiko dalam pengelolaan data, kesalahan dari pengguna juga bisa menjadi resiko yang cukup fatal seperti menghapus atau mengubah data yang tidak disengaja. 

Ancaman jika tidak menggunakan layanan backup pada Microsoft 365, tentunya hal tersebut bisa membuat data berubah atau hilang dan tidak bisa dipulihkan yang pada akhirnya menyebabkan kerugian yang cukup besar, berbeda jika Anda menggunakan cloud backup untuk Microsoft 365, Anda bisa memulihkan data yang rusak atau hilang akibat kesalahan pengguna dengan cepat. 

2. Melindungi Data dari Serangan Ransomware 

Serangan ransomware menjadi serangan yang cukup serius bagi sebuah perusahaan, serangan ini juga bisa mengenkripsi data yang ada di Microsoft 365 dan pelaku tidak jarang meminta tebusan yang besar untuk mengembalikan akses ke data tersebut.  

Namun, ketika Anda memiliki layanan cloud backup, Anda dapat memiliki salinan data dan juga memulihkan data yang terkunci tersebut tanpa membayar kepada penyerang. Backup data yang terpisah juga bisa melindungi integritas data dari serangan ransomware

3. Pemulihan Data yang Efisien 

Ketika terjadi bencana atau juga kegagalan dalam hardware yang digunakan, dengan menggunakan backup cloud pada Microsoft 365, Anda bisa memulihkan data dengan cepat dan efisien. Pemulihan tersebut bisa mengembalikan dokumen, kalender, kontak, dan juga email secara selektif. 

Pemulihan data yang efisien dan cepat juga bisa membuat bisnis Anda tetap beroperasi tanpa gangguan dan mengurangi downtime yang mahal. 

4. Menawarkan Fleksibilitas dan Skalabilitas 

Solusi backup cloud untuk Microsoft 365 akan menawarkan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi dalam mengelola data perusahaan Anda, karena Anda bisa dengan mudah menyesuaikan kapasitas penyimpanan Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Selain itu, solusi cloud backup juga akan menyediakan fitur pencarian dan pemulihan yang canggih dan bisa memudahkan Anda untuk mengembalikan data yang dibutuhkan dengan cepat. 

Cloud backup untuk Microsoft 365 memberikan perlindungan tambahan untuk melindungi data Anda dari resiko kehilangan atau kerusakan. Anda bisa memilih Veeam Backup untuk Microsoft 365 yang disediakan oleh Zettagrid Indonesia. Layanan ini sudah termasuk exchange online, SharePoint Online, OneDrive for Business, dan Microsoft Teams. Untuk menemukan solusi backup yang tepat bagi perusahaan, Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan tim kami di sales@zettagrid.id atau dengan mengisi form ini