Google Translate yang Dirancang untuk Phishing

Featured image - google translate yang dirancang untuk phising

Ketika membicarakan tentang bagaimana penjahat dunia maya melakukan aksinya, banyak yang selalu menyarankan agar Anda melihat URL dengan cermat saat mengklik tautan di email. Ini adalah tanda bahaya lainnya, di mana terdapat tautan ke halaman yang diterjemahkan menggunakan Google Translate.

Secara teori, kemungkinan bahwa pengirim email tersebut mengundang Anda untuk mengunjungi situs dalam bahasa yang berbeda dan berusaha untuk terlihat membantu Anda. Namun dalam prakteknya, teknik ini paling sering digunakan untuk menghindari mekanisme anti phishing. Jika pesan email itu merupakan bagian dari korespondensi bisnis, serta saat situs yang dibuka setelah mengklik tautan meminta Anda untuk memasukkan kerahasiaan email, maka segera keluar dari jendela browser dan hapus email tersebut.

Mengapa Penyerang Menggunakan Tautan Google Translate

Seperti contoh berikut yang menampilkan phishing terbaru melalui tautan Google Terjemahan atau translate yang tertangkap oleh jebakan dari tim Kapersky:

Banner image - phising terbaru melalui tautan google translate

Pengirim email menyatakan bahwa pesan tersebut adalah semacam dokumen pembayaran yang tersedia secara khusus untuk penerimanya. Yang mana harus dipelajari penerima untuk “presentasi rapat kontrak dan pembayaran selanjutnya”. Tautan tombol Buka mengarah ke situs yang diterjemahkan oleh Google Terjemahan. Namun, ini menjadi jelas hanya saat mengkliknya, karena di email tersebut akan muncul seperti ini:

Kata-kata yang kompleks mungkin disengaja oleh penyerang. Hal ini upaya penyerang untuk menciptakan kesan bukan penutur asli bahasa Inggris untuk membuat tautan Google Terjemahan tampak lebih meyakinkan. Atau mungkin mereka belum pernah melihat email sungguhan dengan dokumen keuangan. Perhatikan dua tautan di bawah (“Berhenti Berlangganan Dari Daftar Ini” dan “Kelola Preferensi Email”), sertasendgrid.net domain di tautan tersebut.

Ini adalah tanda bahwa pesan tidak dikirim secara manual, tetapi melalui layanan surat resmi, dalam hal ini layanan SendGrid. Tetapi ESP lainnya dapat digunakan seperti pada umumnya. Layanan jenis ini biasanya melindungi reputasi mereka dan secara berkala menghapus kampanye email yang ditujukan untuk phishing dan memblokir pembuatnya. Itulah sebabnya pelaku penyerangan menjalankan tautan mereka melalui Google Terjemahan. Di mana mekanisme keamanan ESP melihat domain Google yang sah dan tidak menganggap situs tersebut mencurigakan. Dengan kata lain, ini merupakan upaya tidak hanya untuk menipu target pengguna akhir, tetapi juga filter layanan perantara.

Seperti apa tautan ke halaman yang diterjemahkan oleh Google Translate?

Dengan Google Translate, Anda dapat menerjemahkan seluruh situs web hanya dengan memberikan tautan dengan memilih bahasa sumber dan bahasa target. Hasilnya adalah tautan ke halaman dimana domain asli dihubungkan dengan tanda penghubung, dan URL dilengkapi dengan domain terjemahkan.goog. Kemudian, diikuti dengan nama halaman asli dan kunci- kunci yang menunjukkan bahasa dari mana yang digunakan untuk menerjemahkan dan ke bahasa mana hasil terjemahan itu ditujukan. Contohnya, URL terjemahan halaman beranda blog berbahasa Inggris di situs www.kaspersky.com/blog ke dalam bahasa Spanyol akan terlihat seperti ini:

www-kaspersky-com.translate.goog/blog/?_x_tr_sl=auto&_x_tr_tl=es&_x_tr_hl=en&_x_tr_pto=wapp.

Email phishing yang tim Kapersky analisis berupaya memancing pengguna ke sini:

Banner image - email phising melalui google translate

Meskipun ada beberapa rangkaian karakter yang tidak jelas pada bilah alamat browser, hal ini terlihat jelas bahwa tautan itu telah diterjemahkan oleh Google Translate.

Untuk mencegah agar karyawan perusahaan Anda tidak tertipu oleh trik penjahat yang ada di dunia maya, disarankan untuk secara berkala memperbarui pengetahuan mereka tentang taktik phishing. Misalnya, dengan mengirimkan tautan yang relevan ke blog partner atau lebih baik lagi, meningkatkan kesadaran mereka tentang ancaman cyber modern dengan bantuan perangkat pembelajaran khusus.

Sebagai informasi tambahan, dalam contoh di atas, pengguna yang terlatih tidak akan pernah sampai ke halaman phishing. Kemungkinan dokumen keuangan yang sah yang ditujukan kepada penerima tertentu dikirim melalui layanan ESP sangat kecil.

Untuk lebih memastikan, kami juga merekomendasikan menggunakan solusi dengan teknologi antiphishing. Baik pada tingkat mail server perusahaan maupun pada semua perangkat karyawan.

Zettagrid Indonesia sebagai salah satu layanan cloud service yang dapat membantu Anda menghadapi serangan kejahatan yang ada di dunia maya sesuai dengan kebutuhan IT perusahaan. Jika Anda berniat untuk menggunakan solusi maupun kebutuhan IT lainnya dari kami, segera lakukan konsultasi langsung dengan tim kami melalui sales@zettagrid.id atau hubungi ke sini.

Artikel kurasi ini bersumber dari situs web Kaspersky  dengan blog yang berjudul “Google Translate for Phising” dengan penulis Roman Dedenok, yang diterbitkan pada tanggal 24 November 2022.