Tips Melindungi Kinerja Kritikal Aplikasi Perusahaan Anda

Featured Image - Tips Melindungi Kinerja Kritikal Aplikasi Perusahaan Anda

Tips Melindungi Kinerja Kritikal Aplikasi Perusahaan Anda

Perusahaan secara rutin pasti akan menghadapi tantangan dalam melindungi beban kerja kritis mereka. Mulai dari memenuhi Perjanjian Tingkat Layanan (SLA) yang menuntut alur kerja multi-tim yang tidak dapat dicari, dan kumpulan alat yang berbelit-belit atau luas hanyalah beberapa kendala umum yang dihadapi organisasi secara terus-menerus. Ketika tantangan ini mulai bertambah, anda bisa dengan cepat berakhir dalam situasi di mana tugas-tugas sederhana itu dapat menghentikan aplikasi anda.

Dalam penerapan operasional IT seperti mencadangkan database Microsoft SQL Server dapat secara sederhana merekam cadangan pada level gambar yang sadar aplikasi. Kompleksitas mulai muncul saat diskusi tersebut beralih ke persoalan pemulihan. Pertanyaan umum yang perlu dipertimbangkan organisasi dalam skenario seperti itu, di antaranya meliputi:

  • Siapa yang harus bisa memulihkan data ? Apakah administrator basis data, administrator cadangan, atau keduanya?
  • Apakah melindungi backup data atau dari masalah seputar pengiraman data melalui jaringan? Apakah persyaratan keamanan dan kepatuhan telah terpenuhi? Apakah admin pencadangan memiliki wewenang untuk dapat melihat data yang sedang dipulihkan?
  • Bisakah solusi dan tim anda, dapat secara efektif melindungi dan memulihkan aplikasi yang dimaksud dengan cepat?

Di mana baru-baru ini dibahas terkait beberapa peningkatan keamanan yang dapat dilihat di Veeam Platform v12 mendatang. Meskipun keamanan menjadi perhatian utama bagi banyak organisasi, tugas apa pun yang memerlukan interaksi dari banyak tim dapat menyebabkan pemborosan. Dengan menerapkan alat yang aman dan kuat, ini memungkinkan pendelegasian dapat tergambarkan dengan baik dan terkontrol, serta banyak organisasi yang dapat mengurangi hambatan yang ada. Dengan dirilisnya Veeam Backup & Replication v12 yang akan datang, kita akan melihat banyak peningkatan seperti itu. Yang tidak hanya akan meringankan masalah tersebut, tetapi juga dapat memberikan peluang untuk kolaborasi yang berharga antar tim.

Body Image - Lastest update data backup

(Source: Freepik.com)

Perlindungan Beban Kerja yang Disempurnakan

Dalam hal ini sistem perusahaan memiliki empat aplikasi paling penting yang biasanya ditemukan di lingkungan besar. Seperti SAPHANA, SAP di Oracle, Oracle RMAN, dan Microsoft SQL Server. Veeam telah menyediakan pengolahan application-aware untuk Microsoft SQL Server selama bertahun-tahun sekarang ini.

Selain itu, adanya plug-in untuk Veeam Backup & Replication memungkinkan pengguna melindungi tiga beban kerja pertama dengan aman dan konsisten. Serta adanya Veeam v12 kita akan dapat melihat peningkatan, terutama disisi manajemen operasi sehari-hari sehingga bisa membuat tim DBA anda tersenyum.

Tugas seperti menginstal plug-in dan mengelola pekerjaan backup grup, sekarang dapat ditangani langsung dari konsol Veeam Backup & Replication. Hal ini tidak hanya akan memberikan peningkatan kontrol ke administrator cadangan bila diperlukan, tetapi juga akan memberikan kesempatan untuk mempercayakan administrator database dalam hal melindungi aplikasi mereka.

Memperluas Dukungan Aplikasi

Veeam Backup & Replication telah ada sejak lama, dan disebut-sebut tidak hanya menjadi salah satu perintis, tetapi juga sebagai salah satu pemimpin dalam hal pencadangan yang sadar aplikasi. Dengan kemampuannya dalam menentukan SLA, atau melakukan pemulihan granular, database serta administrator pencadangan telah lama menyukai konsistensi dan keandalan yang disediakan oleh Veeam.

Microsoft SQL Server yang baru akan memberikan lebih banyak perincian dalam hal melindungi data perusahaan. Di mana plug-in baru ini akan menghadirkan fitur-fitur seperti menentukan kumpulan database individu atau custom yang perlu dilindungi. Sehingga seluruh instansi database tidak lagi perlu dicadangkan saat tidak diperlukan, ini dapat meminimalisir penggunaan penyimpanan.

Untuk memberikan kesesuaian terbaik dengan alur kerja yang ada, plug-in akan terintegrasi langsung ke SQL Management Studio.  Di mana dengan alat yang seharusnya sudah nyaman digunakan oleh administrator database. Dan jika SQL Management Studio tidak tersedia, plug-in masih dapat dikonfigurasi melalui executable secara terpisah.

Mendelegasikan Pemulihan Dengan Aman

Administrator pencadangan biasanya tidak akan kekurangan item dalam daftar tugas mereka, dan dari banyak item tersebut yang termasuk sering melakukan pemulihan. Baik pemulihan full VM, pemulihan tingkat aplikasi, atau file individual. Dengan melakukan salah satu atau semua tugas ini, dapat lebih cepat menghabiskan banyak waktu di hari kerja.

Selama bertahun-tahun, organisasi dari semua tingkatan telah menggunakan Veeam Enterprise Manager sebagai portal satu atap mereka. Dengan memanfaatkan akun direktori jaringan perusahaan atau ‘Direktori Aktif’, serta membatasi izin dan ruang lingkup. Ini merupakan alat yang sempurna untuk memberikan administrator non-pencadangan, termasuk bagi pemilik aplikasi dan administrator basis data. Dan izin yang diperlukan untuk memulihkan data penting secara tepat waktu.

Selain itu untuk menawarkan peningkatan fleksibilitas kepada pengguna, dan meringankan beban kerja mereka, Veeam Enterprise Manager juga akan melihat beberapa kemajuan. Pertama, Pemulihan Instan sekarang akan menjadi opsi pemulihan langsung dari antarmuka web. Ini merupakan sesuatu yang akan membantu pemilik aplikasi saat meminta salinan cadangannya dipulihkan “right now”.

Bersamaan dengan itu, opsi pemulihan Pemulihan full VM juga telah ditingkatkan untuk memungkinkan proses yang lebih terperinci dan efisien. Terakhir, template mesin virtual juga akan tersedia untuk pemulihan Veeam Enterprise Manager. Hal ini sempurna untuk situasi di mana ketika pembaruan OS menjadi buruk dan tim yang bertanggung jawab perlu mengembalikannya.

Melindungi Beban Kerja Fisik Anda

Server fisik masih umum digunakan dibanyak organisasi perusahaan, meskipun virtualisasi dan adopsi cloud terus meningkat dari tahun ke tahun. Satu tantangan yang umum terutama dalam skala besar adalah melindungi secara andal server fisik ini yang mungkin menjalankan aplikasi terbesar anda pada bare metal. Baik melindungi beban kerja fisik atau menerapkan dalam beban kerja virtual. Dari ini kita akan melihat peningkatan yang signifikan datang ke penyedia Veeam Untuk Microsoft Windows dan Veeam Untuk Linux, keduanya termasuk dalam Veeam Platform v12.

Dari perspektif penyimpanan ini, keduanya akan mendukung penyimpanan langsung ke objek sebagai tujuan cadangan. Saat dipasangkan dengan teknologi S3 Object Lock yang tidak dapat diubah, ini menciptakan lapisan keamanan dan pertahanan yang kuat terhadap peretas, ransomware, dan kemungkinan pelaku ancaman internal. Untuk organisasi yang ingin mengurangi interaksi mereka dengan tape backup, ini bisa menjadi pengganti yang ideal.

Jika bencana menimpa aplikasi yang dilindungi oleh Windows atau Linux, Secure Bare Metal Recovery merupakan pilihan tepat untuk membuat Anda kembali aktif dan berjalan dengan cepat dan aman. Sebagai bagian dari proses pemulihan, token pemulihan unik dapat dibuat yang kemudian dimasukkan untuk  proses pemulihan. Ini akan memungkinkan administrator cadangan dapat memastikan bahwa hanya titik pemulihan tertentu yang tersedia dan akan mencegah pemulihan yang tidak sah itu.

Selain mendukung Autentikasi Modern juga untuk notifikasi email, Veeam Agent Microsoft Windows v6 juga akan memperkenalkan dukungan pelacakan blok yang diubah untuk pencadangan sesuai tingkatan file. Sebelumnya, jenis pekerjaan pencadangan ini jika hanya sebagian kecil dari file yang akan diubah, maka seluruh file harus dicadangkan lagi. Dengan pengoptimalan baru, bila tidak melebihi ambang batas ukuran, serta hanya blok yang diubah yang akan disalin. Selain peningkatan yang telah disebutkan, Agen Veeam Microsoft Windows installer bisa mengalami penurunan ukuran.

Kesimpulan

Kompleksitas menjadi musuh umum dalam perusahaan, dan biasanya semakin besar lingkungannya semakin kompleks pula yang harus dilawan. Oleh dari itu, Veeam hadir untuk membantu anda memperkuat tim lintas fungsi dengan menyediakan alat yang mengurangi keterbatasan. Dengan mengkonsolidasikan dan menstandarkan alat di lingkungan lintas fungsi, sehingga perusahaan Anda dapat memaksimalkan efisiensinya sekaligus mengurangi paparan risiko.

Zettagrid Indonesia sebagai salah satu partners dari Veeam, dapat memberikan penawaran seperti persoalan di atas untuk kebutuhan perusahaan Anda. Di mana Veeam Backup & Replication sudah banyak konsumen kita yang menggunakannya untuk pemulihan maupun keamanan data perusahaan mereka. Jika Anda berniat untuk menggunakan solusi cloud dari Zettagrid Indonesia, Anda dapat melakukan konsultasi langsung dengan tim kami melalui sales@zettagrid.id atau hubungi ke sini.

Artikel ini merupakan kurasi dari situs web Veeam dengan blog yang berjudul “Protecting Your Critical Enterprise Applications” dengan penulis Matt Crape, yang diterbitkan pada tanggal 7 Desember 2022.