Mengenal Data Center Indonesia dan Manfaat bagi Perusahaan

perusahaan data center indonesia

Saat ini, banyak perusahaan yang beralih ke layanan cloud dan meningkatkan kebutuhan akan pengolahan data yang cepat, maka kini data center menjadi bagian penting dari infrastruktur global. Data center juga menjadi sebuah pilar utama dalam menjaga konektivitas, penyimpanan, dan juga proses distribusi data yang mendasar bagi bisnis dan layanan online yang ditawarkan perusahan Anda.  

Apa Itu Data Center?  

Data center adalah pusat operasi teknologi yang mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan mendistribusikan data serta aplikasi yang menggerakkan bisnis modern dan interaksi digital. Umumnya data center terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur pendukung.  

Fungsi data center juga sebagai sebuah otak pusat yang mendorong dunia digital saat ini, maka dari itu data center sangat penting untuk dimanfaatkan.  

Cara Kerja Data Center  

Cara kerja data center melibatkan berbagai komponen dan proses yang bekerja bersama untuk menyediakan layanan teknologi informasi yang handal. Data center akan menerima data dari berbagai sumber seperti perangkat pengguna, aplikasi, hingga sensor dan data tersebut akan diolah dan dianalisis oleh berbagai sistem komputasi termasuk server dan perangkat keras lainnya.  

Data yang dihasilkan dapat berupa informasi transaksi, data pelanggan, data sensor, dan lainnya.  

Komponen Data Center  

Data center terdiri dari berbagai komponen yang bisa menjalankannya, agar Anda tidak bingung berikut 7 komponen utama data center yang perlu kamu ketahui!  

1. Server  

Server adalah komponen utama dari data center, karena bergerak sebagai pusat dari data center. Server akan bertanggung jawab untuk menjalankan aplikasi, menyimpan data, dan menjalankan perhitungan.  

2. Storage System  

Data center juga memiliki storage system yang terdiri dari perangkat keras (hardware) untuk menyimpan dan mengolah data, umumnya akan berupa penyimpanan fisik seperti HDD (Hard disk drive) atau penyimpanan berbasis flash.  

3. Jaringan  

Komponen data center yang ketiga adalah jaringan, fungsi jaringan dalam data center adalah menghubungkan semua komponen dalam data center dan memastikan aliran data yang cepat dan aman. Ini mencakup switch, router, firewall, dan perangkat jaringan lainnya.  

4. Pendingin  

Untuk menjaga suhu di dalam data center tetap stabil dan tidak mengganggu kinerja perangkatnya, komponen pendingin adalah komponen yang cukup krusial. Dengan adanya sistem pendingin yang efisien juga sangat penting untuk mencegah overheat.  

5. Daya Cadangan  

Untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik dan gangguan, maka sistem daya cadangan seperti generator dan baterai UPS (Uninterruptible Power Supply) bisa memberikan pasokan listrik yang stabil dalam situasi pemadaman listrik.  

6. Keamanan Fisik  

Dalam penggunaan data center, keamanan fisik seperti kamera pengawas, akses terbatas, dan deteksi intrusi bisa melindungi data center dari ancaman fisik atau kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  

7. Manajemen Sistem  

Perangkat lunak (software) manajemen memantau, mengelola, dan mengoptimalkan kinerja seluruh infrastruktur data center.  

Fungsi Data Center  

Ada berbagai manfaat dan fungsi data center bagi perusahaan, selain sebagai tempat penyimpanan data yang amn, berikut fungsi data center yang tidak bisa Anda lewati!  

1. Penyimpanan Data  

Fungsi utama dari data center adalah menjadi tempat penyimpanan data dalam berbagai format seperti teks hingga file multimedia. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, data center memungkinkan perusahaan dan organisasi Anda bisa menyimpan informasi yang penting dan sensitif.  

2. Pemrosesan Data  

Data center adalah tempat di mana data perusahaan bisa diproses dan diolah, dimulai dari analisis data untuk mengidentifikasi trend bisnis hingga eksekusi perhitungan kompleks dalam real-time, data center memainkan peran penting dalam mengolah informasi dengan cepat dan akurat.  

3. Distribusi Layanan  

Data center juga diandalkan untuk menyediakan konten dan fungsionalitas kepada pengguna. Mulai dari situ website hingga aplikasi seluler, data center memastikan bahwa pengguna dapat mengakses layanan Anda dengan lancar.  

4. Keamanan Data  

Perlindungan data menjadi salah satu fungsi utama dari data center, hal ini melibatkan implementasi lapisan keamanan yang kuat, termasuk enkripsi, pemantauan keamanan, hingga perlindungan terhadap serangan siber.  

Perbedaan Data Center Tier 3 dan Tier 4  

Data center diklasifikasikan ke dalam empat tingkatan atau Tier, yaitu Tier 1, Tier 2, Tier 3, dan Tier 4. Setiap tingkatan tier memiliki kriteria yang berbeda untuk menentukan tingkat keandalan dan ketersediaan data center tersebut. Namun, di Indonesia umumnya data center Tier 3 dan Tier 4 yang sering digunakan. Apa perbedaan data center Tier 3 dan Tier 4?  

1. Data Center Tier 3  

Data center tier 3 dapat menjalani pemeliharaan secara bersamaan tanpa gangguan layanan. Memiliki redundancy N+1 (jumlah komponen yang diperlukan untuk operasional + cadangan) memungkinkan para staf pemeliharaan melakukan peningkatan, perbaikan, dan perubahan tanpa harus mematikan apa pun.   

Sebagian besar komponen dalam data center tier 3 sudah memiliki cadangan. Dengan demikian, sistem dapat tetap online meskipun terdapat lebih dari satu komponen yang mengalami kegagalan. Data center tier 3 memiliki tingkat uptime 99,982% dan durasi downtime maksimal 1,6 jam setiap tahun.    

2. Data Center Tier 4  

Dengan tujuan menyediakan layanan berkelanjutan dalam situasi apa pun, data center tier 4 memiliki infrastruktur 2N + 1 (dua kali lipat jumlah yang diperlukan untuk operasi + cadangan) redundansi untuk semua komponennya, termasuk sistem untuk pendinginan, daya, aliran jaringan, penyimpanan data, dan lainnya. Tak heran jika data center tier 4 memiliki uptime hingga 99,995% dan lama downtime hanya 26,3 menit dalam satu tahun.    

Mengapa Data Center Indonesia Sangat Penting?  

1. Pertumbuhan E-Commerce  

Alasan mengapa data center Indonesia sangat penting karena perdagangan elektronik atau e-commerce sudah menjadi tulang punggung perekonomian digital Indonesia. Data center bisa memastikan situs web e-commerce berjalan lancar, memproses transaksi, dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang baik bagi konsumen Anda.  

2. Peningkatan Pengguna Internet  

Dengan meningkatnya akses internet dan pengguna smartphone di Indonesia berarti bahwa data center harus mampu menangani lalu lintas data yang besar. Mereka menjadi jantung di balik aplikasi-aplikasi populer dan layanan digital yang digunakan oleh jutaan pengguna harian.  

3. Perusahaan Teknologi  

Banyak perusahaan teknologi global dan lokal yang berinvestasi di Indonesia membutuhkan data center untuk menjalankan operasi mereka. Ini mencakup perusahaan-perusahaan yang berfokus pada cloud computing atau AI.  

Keunggulan Data Center Indonesia  

1. Konektivitas  

Lokasi Indonesia yang strategis dan kuatnya konektivitas di Asia Tenggara menjadikannya tempat yang ideal untuk menghosting data center. Ini memberikan keuntungan akses cepat ke negara-negara tetangga dan pasar global.  

2. Kepatuhan dan Keamanan Data  

Data center di Indonesia tunduk pada regulasi dan kebijakan pemerintah terkait perlindungan data, menjadikannya pilihan yang aman untuk menyimpan data sensitif.  

3. Infrastruktur Modern  

Banyak data center di Indonesia dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk teknologi pendingin dan keamanan yang mengikuti standar internasional.  

Dengan perkembangan lebih lanjut dalam teknologi seperti Internet of Things (IoT) dan big data, Data Center Indonesia berpotensi untuk terus tumbuh dan berkembang. Sebagai salah satu provider cloud lokal di Indonesia, Zettagrid Indonesia juga memiliki layanan data center yang berguna bagi perusahaan Anda yaitu virtual data center, dengan proses provisioning singkat serta server yang sangat mudah dengan skalabilitas yang tinggi, virtual data center dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dengan menggunakan Virtual Data Center Zettagrid Indonesia Anda juga akan terhindari dari biaya CapEx yang tinggi.  

Untuk informasi terkait layanan cloud computing dan data center dari Zettagrid Indonesia, Anda bisa mengunjungi langsung web Zettagrid di www.zettagrid.id atau hubungi sales kami di sales@zettagrid.id.