Mengenal Apa Itu GPU, Jenis, dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Apa Itu GPU, Jenis, dan Fungsinya

Ketika berbicara tentang hardware komputer atau komputasi modern, pasti Anda sering mendengar kata GPU yang merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit yang merupakan komponen krusial dalam dunia komputer. GPU memiliki peran penting dalam mempercepat grafis pada komputer. Namun, sebenarnya apa itu GPU dan apa manfaat GPU dalam rangkaian komputer? Simak penjelasan GPU di bawah ini!

Apa itu GPU?

GPU adalah sebuah jenis prosesor yang secara khusus dirancang untuk mengolah dan memanipulasi data grafis dan visual. GPU awalnya merupakan singkatan dari Graphics Processor Unit di tahun 1970-an, sebelum diperkenalkan ke khalayak oleh Sony di tahun 1994 pada saat mereka merilis konsol video game Playstation. Kemudian, pada tahun 1999 NVIDIA mempopulerkan istilah GPU saat mereka memasarkan GeForce 256 sebagai ”the world’s first GPU”. Dilansir dari situs Intel, GPU menjadi salah satu komponen penting yang memungkinkan Anda untuk mengerjakan banyak hal seperti membuat konten, gaming, machine learning, dan masih banyak lagi. Tanpa GPU, komputer tidak dapat memberikan tampilan visual kepada penggunanya. Saat ini, secara umum komputer tidak akan dapat berfungsi tanpa GPU.

Secara khusus, GPU dioptimalkan untuk membantu Anda dalam melakukan berbagai tugas yang berhubungan dengan tampilan grafis, rendering, dan juga proses pembuatan gambar dengan kecepatan yang tinggi, sehingga tidak heran jika GPU memiliki peran penting untuk menghasilkan visual berkualitas tinggi.

Jenis-Jenis GPU

Terdapat berbagai jenis GPU yang dapat dikategorikan berdasarkan karakteristik dan penggunaannya. Berikut adalah beberapa jenis GPU yang umum diketahui.

1. Discrete GPU

Discrete GPU atau Dedicated GPU merujuk pada GPU yang memiliki RAM yang sudah didedikasikan secara khusus. Biasanya, sistem discrete GPU beserta RAM-nya dijual dalam bentuk expansion card (graphics card). Graphics card terhubung ke komputer melalui slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) atau AGP (Accelerated Graphics Port). Umumnya discrete GPU menawarkan performa grafis yang tinggi dan sering digunakan oleh desainer grafis, gamer, dan pekerjaan profesional lainnya yang membutuhkan pemrosesan grafis yang ekstensif.

2. Integrated GPU

Integrated GPU atau GPU terintegrasi adalah jenis GPU yang sudah terintegrasi ke dalam CPU (Central Processing Unit) atau motherboard. Pada tipe GPU ini, GPU tidak memiliki RAM sendiri (dedicated), tetapi menggunakan RAM yang sama dengan yang digunakan oleh CPU. GPU terintegrasi umumnya memiliki kemampuan grafis yang rendah atau standar, tetapi cukup untuk keperluan komputasi sehari-hari seperti mengerjakan tugas kantor, menonton video dan film, dan penggunaan dasar lainnya. Namun ada juga beberapa sistem integrated GPU yang memiliki performa tinggi. AMD memasarkan kombinasi CPU dan integrated GPU berkinerja tinggi dengan nama APU (Accelerated Processing Unit).

3. Mobile GPU

Jenis GPU yang ketiga adalah mobile GPU. Mobile GPU merupakan subset dari integrated GPU, yaitu integrated GPU yang  dirancang khusus untuk digunakan pada perangkat mobile seperti laptop, smartphone, dan juga tablet. Mobile GPU memiliki ukuran dan daya yang lebih kecil, serta konsumsi daya yang rendah untuk memaksimalkan masa pakai baterai perangkat mobile. Jenis GPU ini juga sedang mengalami peningkatan yang signifikan dan mampu menghadirkan pengalaman grafis yang cukup memuaskan pada perangkat mobile.

Fungsi GPU

Setelah mengetahui apa itu GPU dan apa saja jenis GPU yang sering digunakan, tentunya Anda juga perlu tahu manfaat GPU selain untuk memberikan tampilan grafis pada komputer. Berikut beberapa fungsi utama dari GPU!

1. Mempercepat Kinerja Grafis

Fungsi utama dari GPU adalah untuk membantu CPU dalam memproses komputasi grafis pada komputer. GPU akan bertanggung jawab untuk menghasilkan gambar yang halus dan realistis dengan frame rate yang tinggi sehingga membebaskan CPU untuk melakukan operasi komputasi lainnya. Selain itu, GPU juga digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan proses grafis dengan tingkat tinggi seperti gaming, pembuatan animasi 3D, dan video editing.

2. Komputasi Paralel

Selain membantu kinerja grafis, GPU juga mampu melakukan komputasi paralel dengan sangat efisien. Pada umumnya GPU memiliki ratusan hingga ribuan core atau unit pemrosesan yang bekerja sama untuk menyelesaikan tugas secara stimulan. Walaupun core GPU memiliki kemampuan yang lebih rendah dibandingkan core CPU, tetapi core GPU dapat menyelesaikan operasi hitung dengan efisien. Dalam komputasi paralel, karakteristik GPU ini dimanfaatkan dengan memecah operasi yang rumit menjadi ribuan operasi sederhana yang dapat dikerjakan secara bersamaan oleh core GPU. Hal ini membuat pemanfaatan GPU sangat penting dalam mempercepat kemajuan sains dan teknologi.

3. Sebagai Accelerator Kecerdasan Buatan (AI) dan Machine Learning (ML)

Keunggulan GPU dalam komputasi paralel terutama dimanfaatkan dalam bidang kecerdasan buatan dan machine learning. Dalam beberapa tahun terakhir, GPU sudah menjadi bagian integral dari perkembangan kecerdasan buatan dan juga machine learning. Seiring dengan semakin besarnya data yang harus diolah dan tingkat kerumitan model yang makin tinggi, GPU menjadi jalan pembuka untuk mempercepat pelatihan dan inferensi model yang rumit.

Solusi Teknologi GPU dari Zettagrid

Saat ini, GPU sudah mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali muncul, perkembangan tersebut meliputi kecepatan, kapasitas, dan kemampuan dalam komputasi. GPU bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak organisasi untuk tetap unggul dari kompetitor mereka.

Akan tetapi, tidak mudah bagi organisasi untuk dapat memanfaatkan GPU. Investasi awal yang tinggi, kebutuhan infrastruktur IT khusus, dan sumber daya manusia menjadi kendala utamanya. Untuk membantu organisasi Anda memanfaatkan teknologi GPU Zettagrid Indonesia menghadirkan solusi GPU vWorkstations dan HPC instance.

Untuk kebutuhan grafis dengan performa tinggi, Anda bisa memilih teknologi GPU vWorkstations dari Zettagrid Indonesia yang sudah dirancang untuk GPU accelerated virtual machines yang memiliki kinerja tinggi di lingkungan VMware, VDI, Citrix, dan juga RDS yang memerlukan aplikasi intensif grafis seperti engineering, GIS, Digital Twins, dan juga visualisasi medis.

Sedangkan dengan HPC Instances, organisasi Anda dapat memanfaatkan GPU untuk aplikasi big data, AI/ML, ataupun aplikasi yang membutuhkan komputasi paralel dengan performa tinggi lainnya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan tim kami melalui sales@zettagrid.id atau klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai solusi Zettagrid Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan Anda.