Apa itu SSL? Cara Kerja dan Fungsinya

Apa itu SSL? Cara Kerja dan Fungsinya

Apa itu SSL? Berikut ini sedikit pembahasan terkait SSL, mulai dari pengertian, fungsi dan cara kerjanya seperti apa. Jadi, SSL merupakan protokol yang memastikan keamanan data yang dikirim ke dan diterima dari server web. SSL berarti Secure Sockets Layer, dan ini melindungi informasi yang bergerak antara browser pengguna dan situs web yang mereka akses. Ketika menjelajahi internet, Anda menyetujui perjanjian dengan situs web setiap kali mengunjunginya. Perjanjian ini disebut “jabat tangan SSL”.

Langkah pertama dalam membuat sesi SSL dimulai ketika browser mengirimkan informasi terenkripsi tentang dirinya sendiri (seperti jenis sistem operasi) untuk berkomunikasi secara aman dengan server di mana  konten situs tersebut berada. Kemudian server membalas dengan kunci enkripsinya sendiri sebelum memulai komunikasi normal antara browser dan server.”

Yang dimaksud dengan SSL?

Protokol Secure Sockets Layer (SSL) adalah teknologi keamanan standar untuk membuat tautan terenkripsi antara server web dan browser. Penggunaan SSL yang paling umum adalah untuk menyediakan komunikasi yang aman antara server web dan komputer atau perangkat pengguna.

Jika Anda pernah memasukkan nomor kartu kredit saat melakukan pembelian di internet, maka Anda telah menggunakan protokol SSL. SSL juga digunakan oleh bank dan institusi besar lainnya yang memiliki data sensitif yang harus dijaga kerahasiaannya melalui jaringan publik seperti Internet.

Dan alasan utama mengapa SSL diciptakan adalah karena kebutuhan akan metode enkripsi yang lebih baik daripada yang tersedia pada saat itu (DES). Data terenkripsi yang dikirim melalui SSL tidak dapat dibaca hingga mencapai tujuannya di mana ia didekripsi lagi sehingga dapat dibaca oleh manusia atau komputer.

Bagaimana cara kerja SSL?

Ketika browser terhubung ke situs web yang dilindungi SSL, browser pertama-tama akan mengirimkan sejumlah informasi tentang dirinya sendiri. Ini termasuk dalam nomor versi dan detail lain tentang sistem operasi dan pengaturannya. Selanjutnya, browser akan meminta sertifikat digital dari server yang terhubung dengannya. Hal ini seperti menyerahkan kartu identitas Anda, sehingga siapa pun yang berurusan dengan Anda tahu siapa Anda.

Server kemudian memeriksa apakah semua informasi ini sesuai dengan apa yang ada di file untuk Anda. Dengan kata lain, mengkonfirmasi bahwa Anda benar-benar orang yang mereka pikirkan. Dan mengembalikan salah satu dari dua hal, yakni pesan kesalahan yang mengatakan sesuatu seperti “Maaf, tetapi saya tidak mengenali browser ini” atau salinan kunci publik yang ditandatangani secara digital dari kunci publik mereka sendiri (jadi sekarang kedua belah pihak memiliki kunci publik masing-masing).

Jika semuanya berjalan dengan baik di sini, maka langkah kedua adalah membuat koneksi terenkripsi antara peramban dan server menggunakan teknik kriptografi kunci publik.

Fungsi SSL

Fungsi SSL adalah untuk mengamankan koneksi antara server dan browser pengguna. Artinya, jika Anda memasang sertifikat SSL, ketika seseorang mengunjungi situs web Anda, peramban mereka akan berkomunikasi dengan situs web tersebut menggunakan saluran terenkripsi.

Alasan sederhananya, SSL dapat memastikan bahwa peramban pengguna berkomunikasi dengan situs web yang benar. Dengan kata lain, SSL melindungi pengguna dari serangan phishing. Ini juga melindungi mereka dari penyadapan data oleh pihak ketiga yang mungkin ingin mencuri kata sandi atau nomor kartu kredit atau informasi sensitif lainnya yang dapat dikirim melalui koneksi yang tidak perlu melakukan enkripsi. Pada umumnya masih digunakan oleh sebagian besar situs web.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengamankan lalu lintas web Anda dan meningkatkan kepercayaan pelanggan, SSL adalah pilihan yang tepat. Sangat mudah untuk memulai dan tidak ada batasan siapa yang dapat menggunakannya. Meskipun Anda belum memiliki sertifikat SSL, masih ada cara untuk memanfaatkan teknologi ini sekarang juga.

Zettagrid Indonesia sebagai salah satu layanan cloud service yang juga menyediakan SSL dapat  membantu Anda menghadapi serangan kejahatan yang ada di dunia maya sesuai dengan kebutuhan IT perusahaan. Jika Anda berniat untuk menggunakan solusi maupun kebutuhan IT lainnya dari kami, segera lakukan konsultasi langsung dengan tim kami melalui sales@zettagrid.id atau hubungi ke sini.