Cara Memanfaatkan ChatGPT di Cloud

ChatGPT (Anda mungkin tidak tahu bahwa itu singkatan dari Chat Generative Pre-Trained Transformer) telah menjadi bahan pembicaraan karena kemampuannya yang mengesankan untuk menghasilkan teks yang terlihat seolah-olah ditulis oleh manusia, menggunakan kombinasi algoritma Machine Learning dan Deep Learning.

Kasus penggunaan baru untuk teknologi ini muncul setiap hari, dan banyak bisnis yang berencana mengintegrasikan ChatGPT ke dalam alur kerja mereka.

Hubungan antara ChatGPT dan Cloud Computing sangat erat. OpenAI, perusahaan yang mengembangkan aplikasi ini, menggunakan Cloud untuk tujuan ini.

ChatGPT juga dapat digunakan di Cloud untuk mempermudah berbagai tugas dan proses. Baik ChatGPT maupun Bard atau alat serupa lainnya dapat membuka berbagai kemungkinan dalam pengembangan layanan Cloud.

Berikut beberapa di antaranya:

  1. Generasi Kode
    ChatGPT telah belajar dari jutaan baris kode, menjadikannya alat yang hebat untuk para pengembang, meskipun mereka selalu harus ingat bahwa kode ini mungkin tidak 100% benar. Namun, ini pasti merupakan titik awal yang baik. Ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bug dari kode yang sudah ditulis sebelumnya, membantu pengembang menguji dan memperbaiki kode mereka. Selain itu, ChatGPT dapat secara otomatis menghasilkan catatan dan komentar ketika para pengembang membuat atau melakukan perubahan pada kode mereka untuk menjelaskan pembaruan terbaru. Sama seperti perusahaan real estat sudah menggunakan ChatGPT untuk menulis deskripsi properti mereka, pendekatan yang sama digunakan oleh situs web e-commerce untuk secara otomatis membuat deskripsi dari barang-barang baru yang mereka tambahkan ke katalog mereka.
  2. Interaksi Manusia
    Chatbot berbasis AI sudah ada dalam banyak layanan pelanggan, tetapi biasanya chatbot ini menangani respons yang telah ditetapkan yang terdengar tidak personal dan tidak membantu. Namun, mengintegrasikan chatGPT dengan layanan cloud perusahaan akan memudahkan interaksi pelanggan dan karyawan dengan perusahaan dengan memungkinkan pengiriman permintaan pembatalan pesanan, pengembalian uang, keluhan, retur, dll.
  3. Kustomisasi
    Kemampuan menghasilkan konten secara real-time berharga bagi merek yang menggunakan personalisasi sebagai pembeda dalam strategi pemasaran mereka. Karena ChatGPT menyimpan pertanyaan sebelumnya pengguna, itu dapat memberikan respons yang sangat personal dan juga memungkinkan Anda untuk membawa personalisasi ke tingkat berikutnya dengan menawarkan metode yang hemat biaya untuk membuat konten yang unik untuk setiap pengguna. Ini dapat menghasilkan email yang sepenuhnya dipersonalisasi atau rekomendasi pembelian, misalnya. Penting untuk mengintegrasikan ChatGPT dengan CRM atau ERP, biasanya berbasis Cloud, yang sebagian besar perusahaan sudah gunakan untuk mencapai perbaikan ini.
  4. Optimisasi Kerja
    ChatGPT dapat menganalisis jumlah teks yang besar dan menghasilkan ringkasan, fitur berharga yang mengubah penggunaan alat kolaborasi berbasis cloud, memungkinkan misalnya merangkum percakapan email atau menghasilkan catatan pertemuan. Juga mungkin merangkum dokumen kompleks seperti kontrak, SLA, atau kebijakan perusahaan sehingga alih-alih harus memeriksa semua dokumen yang disimpan dalam repositori cloud, ChatGPT dapat menghasilkan ringkasan dalam hitungan detik. Kasus penggunaan lain untuk integrasi ChatGPT dengan layanan Cloud adalah untuk memudahkan ringkasan tiket layanan pelanggan, terintegrasi dengan CRM cloud yang dimiliki setiap perusahaan.

Namun…
Disarankan untuk tidak meremehkan ChatGPT. Responsnya logis dan koheren dan memudahkan beberapa tugas, tetapi juga menggunakan konten generik yang tidak selalu sempurna disesuaikan. Juga telah terjadi banyak kesalahan dalam responsnya, selain kemungkinan masalah keamanan yang dilaporkan.

Ini adalah alat yang perlu digunakan dengan hati-hati, tetapi pada saat yang sama jelas bahwa itu memiliki keuntungan besar. Mengintegrasikan ChatGPT dengan layanan cloud yang digunakan perusahaan akan mengubah hampir setiap proses bisnis di perusahaan mana pun.