Alasan Cloud Provider Lokal Harus Jadi Pilihan Bisnis

cloud provider lokal

Alasan Cloud Provider Lokal Harus Jadi Pilihan Bisnis

Saat penyimpanan sistem dan data bisnis meningkat, berbagai teknologi sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk menangani masalah tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi yang tepat, tentu masalah efisiensi sistem dan data dapat tertangani dengan baik. Salah satu contohnya dengan menggunakan Cloud Provider.

Saat ini penyedia layanan Cloud Computing mulai banyak berkembang untuk memenuhi permintaan dari perusahaan di berbagai industri. Mulai dari, Cloud Provider lokal hingga Cloud Provider Global.

Namun, sebagai pengusaha bisnis, Anda tentu tidak bisa memilih penyedia layanan cloud computing secara sembarang. Beberapa hal juga perlu dipertimbangkan oleh pengusaha, terutama bagi bisnis yang lekat dengan keamanan data dan regulasi penyimpanan data yang sesuai dengan aturan Pemerintah Indonesia.

Itu sebabnya, Cloud Provider lokal hadir menjadi solusi untuk kebutuhan bisnis tersebut. Dengan memanfaatkan layanan ini, bisnis tidak perlu lagi khawatir akan keamanan data dan regulasi penyimpanan datanya. Beberapa hal berikut ini juga bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan Cloud Provider Lokal:

1.     Data Center berlokasi di Indonesia

cloud provider lokal

(Sumber: baranizdemir dari Getty Images Signature)

Bila bisnis Anda memiliki target konsumen di Indonesia, maka salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan dari Cloud Provider adalah lokasi Data Center.

Banyak Cloud Provider lokal menempatkan Data Center mereka di Indonesia, mengingat Peraturan Pemerintah (PP) PSTE di Pasal 17 menyatakan Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik wajib menempatkan Data Center dan Disaster Recovery Center di wilayah Indonesia untuk kepentingan penegak hukum, perlindungan, dan penegakan kedaulatan negara terhadap data warga negaranya sesuai isi PP PSTE.

Selain itu, Cloud dengan Data Center lokal juga cenderung lebih aman dari serangan hacker jika dibandingkan dengan Data Center yang bertempat di luar negeri, dan memudahkan bisnis untuk memulihkan data bisnisnya apabila terjadi suatu hal. Sehingga, hal ini bisa menjadi alasan kuat mengapa Anda perlu mempertimbangkan Cloud Provider lokal.

2.     Kedaulatan data

cloud provider lokal

(Sumber: blackdovfx dari Getty Images Signature)

Saat memanfaatkan layanan Cloud Provider global, beberapa isu keamanan seringkali menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh pengguna. Terlebih bila layanan digunakan untuk pertukaran informasi yang bersifat strategis, tentu kedaulatan data bisa menjadi masalah mengingat sengketa hukum dapat mempersulit perusahaan.

Namun tidak perlu khawatir, untuk mencegah hal tersebut Anda bisa mengandalkan Cloud Provider lokal. Dengan menempatkan sistem dan data di Data Center dalam negeri, Anda dapat mengakses data kapan saja tanpa perlu khawatir akan terkendala regulasi hukum dalam mengakses data.

3.     Tim Support Lokal

cloud provider lokal

(Sumber: Dragonimages)

Salah satu keuntungan memanfaatkan Cloud Provider lokal adalah terdapatnya tim support lokal yang dapat membantu Anda kapan saja. 

Perlu Anda ketahui, ketika memanfaatkan Cloud Provider global, manfaat ini jarang sekali Anda temukan. Hal ini karena, Cloud Provider global lebih banyak menggunakan sistem ticket apabila terjadi kendala dari sisi pengguna, sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk merespon. Tak hanya itu, bahasa yang digunakan juga tentu bukan bahasa lokal, sehingga akan menjadi kendala bagi sebagian pengguna.

Berbeda ketika Anda dilayani oleh tim support lokal. Dengan bahasa, lokasi, dan zona waktu yang sama dengan Anda, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kendala yang berarti. Selain itu, beberapa provider juga menyediakan tim support selama 24 jam dalam 7 hari, dengan demikian hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan support kapanpun dan dimanapun Anda butuhkan.

4.     Keamanan data pribadi pengguna lebih terlindungi

(Sumber: John Kevin dari Getty Images)

Hal terakhir yang bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan layanan Cloud Provider lokal adalah kerahasiaan dan keamanan data Anda sebagai pelanggan dapat terlindungi. Banyak penyedia layanan cloud lokal saat ini telah memiliki ISO 27001 dan Service Level Agreement (SLA). Bukan tanpa alasan, kedua hal tersebut wajib dimiliki dan diaplikasikan penyedia demi mencegah terjadinya kebocoran data pelanggan. 

Lalu, bagaimana jika penyedia melanggar dua sertifikasi tersebut dan membocorkan kerahasiaan data pelanggan?

Anda tidak perlu khawatir! Bila penyedia cloud melanggar sertifikasi keamanan dengan membocorkan data pelanggan, izin layanan penyedia akan dicabut dan Anda pun sebagai pelanggan dapat memproses masalah tersebut secara hukum.

Sebagai Cloud Provider lokal, Zettagrid Indonesia saat ini sudah tersertifikasi ISO/IEC 27001:2013 terkait keamanan informasi untuk ketentuan jaringan, hosting, dan layanan suara sesuai pernyataan penerapan v1. Dengan demikian, kami dapat menjamin keamanan dan kerahasiaan data pelanggan kami.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda rasakan ketika memanfaatkan Cloud Provider lokal. Bila Anda mencari solusi cloud computing berupa Virtual Data Center, Virtual Server, Backup as a Service, dan Disaster Recovery as a Service untuk menjaga kelangsungan bisnis, Anda dapatkan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami melalui sales@zettagrid.id atau kontak kami di sini.