Apakah Cloud Computing Itu?

 

Jika mengacu pada wikipediaCloud Computing atau dalam bahasa Indonesia berarti Komputasi Awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer serta pengembangannya yang berbasis internet.

Atau dalam kata lain Cloud Computing adalah suatu kumpulan resources yang biasanya terdiri dari vCPU, RAM, Storage yang terintegrasi menjadi suatu kesatuan, berjalan di jaringan internet serta memiliki fleksibilitas dalam penggunaannya.

Karakteristik Cloud Computing

Cloud Computing memiliki karakteristik diantaranya ;

  1. Digunakan secara Self-Service.
  2. Dapat dikelola atau di manage sesuai dengan kebutuhan.
  3. Fleksibel, scalable dan aman.
  4. Biaya penggunaan dapat di prediksi dan terjangkau.

Jenis-Jenis Cloud Computing

  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Platform as a Service (PaaS)
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Seiring dengan perkembangan teknologi cloud serta banyaknya kebutuhan layanan cloud di Indonesia, maka banyak bermunculan penyedia layanan cloud atau cloud provider yang menawarkan produk serta solusi cloud sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik dari segmen perseorangan, UMUKM, SMB, maupun enterprise atau korporasi.

Salah satu penyedia layanan cloud di Indonesia, Zettagrid Indonesia adalah penyedia layanan cloud berbasis Infrastructure as a Service (IaaS) meliputi Virtual Server, Virtual Data Center, Backup dan Disaster Recovery. Lebih lengkap mengenai produk dan solusi cloud dari Zettagrid Indonesia silahkan kunjungi link berikut ini Zettagrid Indonesia

Twitter   [wp-svg-icons icon=”twitter” wrap=”i”]   LinkedIn  [wp-svg-icons icon=”linkedin” wrap=”i”]

 

Have a question? Contact Us!

[gravityform id=”48″ title=”false” description=”false”]