3 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Backup

Alasan Backup

3 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Backup

Berkembangnya dunia digital membuat banyak perusahaan mengalihkan bisnisnya ke arah virtual salah satunya dengan memanfaatkan cloud computing infrastructure (IaaS). Di Zettagrid Indonesia, kami menyediakan solusi Virtual Datacenter (VDC) yang dapat digunakan pengusaha untuk mengembangkan IT bisnisnya dengan lebih cepat. Dengan VDC pengusaha bisa menggunakan cloud sesuai dengan kebutuhannya berkat automasi dan fitur scalable. VDC juga sudah dilengkapi dengan keamanan yang terjamin seperti SSL, firewall, dan resource penting lainnya.

Namun ternyata untuk memberikan proteksi berlapis pada data anda VDC saja tidak cukup. Apalagi jika anda belum menggunakan cloud infrastruktur  pada IT bisnis anda. Anda juga membutuhkan solusi lain untuk memproteksi data penting anda yaitu dengan menggunakan solusi Backup. Solusi Backup seperti Veaam Cloud Connect Backup dan VDC Backup dapat memproteksi bisnis anda dari kehilangan data.

Lalu apa alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan solusi Backup?

  1. Data Anda Belum tentu Aman dari Bencana

Pernahkah anda membayangkan jika terjadi kebakaran di kantor anda? tentunya hal ini memang bukan hal yang anda inginkan, namun hal ini tidak dapat terhindar dari resiko bisnis IT anda. Lalu apa yang terjadi jika anda belum sempat menyelamatkan data anda? Bagaimana jika server fisik anda ikut hangus terbakar? sudahkah anda memiliki solusi backup untuk menghindarkan anda dari kehilangan data?

Solusi yang tepat untuk menhindari kehilangan data akibat bencana adalah dengan melakukan backup pada data-data penting anda. Dengan backup, anda bisa melakukan snapshot data sesuai dengan kebutuhan anda dan seberapa critical data tersebut. Bahkan anda juga dapat menjadwalkan waktu backup anda.

2. Serangan virus atau Ransomware

Ada banyak dampak dari adanya perkembangan teknologi, baik positif maupun negatif. Salah satu dari yang negatif adalah serangan virus malware ataupun ransomware. Bahkan BSSN menyatakan semenjak adanya work from home tercatat ada 88 juta lebih serangan siber di kuartal pertama di 2020. Serangan virus ini bukan hanya dapat mengancam stabilitas kerja anda namun juga dapat menghapus data-data critical yang anda jalankan di server anda. Jika anda tidak memiliki solusi backup, data anda terancam hilang dan sulit atau bahkan tidak dapat dikembalikan lagi.

 3. Mencapai strategi backup terbaik

Pernahkah anda mendengar mengenai 3-2-1 Backup Strategy? Strategi ini adalah strategi ideal untuk memproteksi data critical Anda. 3-2-1 backup strategy sendiri memiliki arti berikut. Dalam mencapai strategi data proteksi terbaik anda harus melakukan backup sebanyak 3 kali pada data anda. Yaitu 2 salinan di local (on-site) dan 1 di luar (off-site). Mengapa begitu? karena untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan data akibat kegagalan sistem, kerusakan fisik dari media simpan hardware/main-site, dan juga jika terjadi bencana yang tidak dapat kita hindari. Maka dari itu anda membutuhkan satu salinan atau backup data di off-site yaitu dengan menggunakan cloud backup.

Zettagrid Indonesia bukan hanya menyediakan cloud infrastruktur (IaaS), kami juga menyediakan solusi backup tentunya untuk menjaga dan mangamankan pelanggan dari kehilangan data. Kami sendiri memiliki 2 produk backup yaitu VDC Backup dan Veeam Cloud Conncet Backup. VDC Backup merupakan solusi backup yang dapat digunakan khusus untuk pelanggan Zettagrid yang telah memiliki Virtual Datacenter (VDC). Sedangkan Veeam Cloud Connect Backup merupakan solusi backup keluaran dari Veeam Software. Ayo prtokesi data anda sekarang bersama Zettagrid. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami disini atau email ke sales@zettagrid.id.