Mengenal Pengertian Hybrid Cloud dan Keunggulannya

Pengertian Hybrid cloud

Pengertian Hybrid cloud

Cloud computing telah menjadi salah satu teknologi yang menjadi pendukung penting dalam suatu bisnis untuk melakukan digitalisasi. Baik dengan menggunakan public cloud yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun ataupun private cloud.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang menimbulkan perubahan akan penggunaan dan pertumbuhan data dari end user maupun aplikasi, pengusaha membutuhkan IT infrastruktur yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satunya dengan menggabungkan public cloud yang memiliki kemampuan skalabilitas yang tinggi dengan private cloud yang memiliki tingkat kemanan yang tinggi untuk data yang kritikal dan sensitive.

Jika perusahaan ingin memaksimalkan keuntungan dari public dan private cloud, pengusaha dapat menggunakan teknologi Hybrid cloud. Saat ini Hybrid cloud sangat diminati bagi perusahaan yang ingin mengadopsi berbagai solusi untuk kebutuhan perkembangan IT bisnis mereka.

 

Pengertian Hybrid Cloud

Hybrid cloud diartikan sebagai solusi gabungan antara public dan private cloud untuk suatu bisnis maupun organisasi yang memiliki kebutuhan data yang besar namun juga terikat dengan security compliances. Namun dibutuhkan provider yang sudah berpengalaman yang bukan hanya familiar, namun juga telah memiliki setifikasi security compliance. Salah satunya di Indonesia yaitu dengan Zettagrid.

 

Keunggulan Hybrid Cloud

  1. Skalabilitas

Tantangan yang dimiliki oleh private cloud adalah dana investasi yang digunakan untuk membangun, merawat serta jika akan mengembangkan jaringan. Namun dengan hybrid cloud, bisnis dapat meningkatkan kapasitas sesuai yang dibutuhkan. Contohnya jika   perusahaan ingin mengembangkan aplikasi baru. Dengan penggunaan hybrid cloud, tentunya pekerjaan ini akan menjadi lebih cepat dan efisien.

  1. Kecepatan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengembangkan suatu aplikasi adalah kecepatan jaringan. Hybrid cloud memungkinkan penggunanya untuk mengoptimisasi kemampuan dari jaringan ini dan meminimalisir terjadinya latency.

  1. Redudansi

Dengan menggunakan Hybrid Cloud, anda bisa lebih tenang jika mengalami kegagalan sistem karena data critical anda aman tersimpan melalui private cloud dan dapat secara langsung di backup melalui public cloud.

  1. Kontrol

Dengan penggabungan antara private dan public cloud, perusahaan dapat memelihara infrastuktur pribadi untuk asset yang critical dan sensitive dengan latency rendah.

  1. Efisiensi Biaya

Keunggulan lain dari Hybrid cloud adalah dari biaya yang akan lebih efisien kedepannya. Dengan Hybrid Cloud user dapat menyeimbangkan antara keamanan data yang terjamin dan penggunaan data yang sesuai dengan kebutuhan bisnis user.

 

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Hybrid Cloud anda dapat menghubungi kami di link ini atau dengan mengirimkan email ke sales@zettagrid.id