Cara Cloudflare Tingkatkan Performa Aplikasi Bisnis

Cloudflare aplikasi bisnis

Cara Cloudflare Tingkatkan Performa Aplikasi Bisnis

Berkembangnya era digital seperti sekarang, telah menjadikan aplikasi sebagai teknologi yang umum digunakan oleh berbagai bisnis. Dengan mengimplementasikan sistem digital tersebut, bisnis kini lebih mudah untuk memberikan informasi, inovasi, maupun layanan kepada publik maupun konsumen.

Namun demikian, tak sedikit pula bisnis yang awam tentang keamanan dan peningkatan performa aplikasi. Padahal dalam pengimplementasiannya, sistem keamanan sangat dibutuhkan untuk meminimalisir serangan siber seperti Distributed Denial of Service (DDoS) pada aplikasi bisnis. Dari sinilah, solusi pun diperlukan dalam mengamankan dan meningkatkan performa sistem aplikasi bisnis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Cloudflare.

Apa yang dimaksud dengan Cloudflare?

Cloudflare merupakan salah satu penyedia infrastruktur Content Delivery Network (CDN) yang berfungsi untuk menjaga keamanan dan performa sistem dan aplikasi bisnis. Sebagian fitur Cloudflare dapat diakses dan diinstall secara gratis serta sederhana oleh penggunanya. Namun demikian, fitur gratis ini tentu memiliki keterbatasan dalam pemakaiannya.

Dibandingkan dengan penyedia lainnya, Cloudflare bisa dikatakan sebagai CDN yang lebih unggul mengingat penyedianya yang dapat memberikan layanan secara optimal kepada pelanggan. Beberapa paket yang disediakan oleh Cloudflare berupa Pro, Business, dan Enterprise.

Lalu, mengapa bisnis perlu menggunakan Cloudflare?

  • Melindungi aplikasi bisnis dari ancaman

Pada umumnya, data dari pengguna dan pihak ketiga digunakan Cloudflare untuk memastikan apakah traffic pada aplikasi bisnis merupakan ancaman atau bukan. Jika memang merupakan ancaman, maka sistem akan menghentikannya. Untuk melihat laporan dari masalah ini, Anda bisa mengaksesnya pada dashboard Cloudflare.

  • Memperingati visitor apabila komputer terserang virus

Cloudflare memberikan sistem peringatan kepada visitor apabila komputer terdapat virus dan menyarankan agar visitor membersihkannya terlebih dahulu.

  • Mengurangi penggunaan resource server

Dengan menggunakan Cloudflare, permintaan pada server bisa berkurang dan hal ini tentu akan mengurangi beban server. Contohnya, penggunaan CPU pada hosting. Ketika terjadi lonjakan visitor, beban server akan tetap aman.

  • Meningkatkan performa aplikasi

Cloudflare menyediakan server proxy yang tersebar di beberapa negara serta mampu mengarahkan pengunjung ke server terdekat. Oleh karenanya, kecepatan loading aplikasi bisnis bisa meningkat.

  • Laporan visitor

Cloudflare dapat menampilkan laporan kepada visitor yang dapat membantu mengidentifikasi apakah aplikasinya diakses oleh robot search engine, ancaman, atau traffic dari pengunjung manusia.

Apa saja fitur-fitur unggulan Cloudflare?

  • Firewall

Ingin menentukan visitor mana saja yang bisa mengunjungi website atau aplikasi bisnis Anda dan memblokir alamat IP atau traffic yang mencurigakan dari lokasi tertentu? Fitur Firewall bisa membantu Anda menanganinya. Dengan menyertakan fitur satu ini, Cloudflare dapat melindungi dan mengamankan aplikasi bisnis Anda dari ancaman keamanan.

  • Mirroring

Fitur Cloudflare satu ini memungkinkan beberapa konten yang terposting di situs bisnis Anda akan mirroring ke setiap data center Cloudflare. Oleh karenanya, aplikasi bisnis memiliki performa yang lebih cepat ketika pengunjung berada jauh dari server utama.

  • Analytics

Fitur satu ini berfungsi untuk memonitor segala aktivitas aplikasi pengguna Cloudflare. Adapun aktivitas yang dimonitor berupa asal visitor, jumlah unique visitor, bandwidth yang dimiliki selama 24 jam, dan jumlah permintaan akses yang dikirimkan selama 24 jam terakhir.

  • Caching

Cloudflare juga memiliki fitur caching di waktu dan kondisi tertentu. Fitur satu ini berfungsi untuk menghemat bandwidth hosting pengguna, terutama jika bandwidth pada aplikasi memiliki limit tertentu. Caching bekerja secara dua arah, yaitu ke aplikasi visitor dan ke server.

  • Railgun

Fitur Railgun pada Cloudflare berfungsi untuk meningkatkan performa aplikasi bisnis. Bahkan Cloudflare mengklaim kecepatan aplikasi bisnis bisa meningkat hingga 300%. Meskipun demikian, fitur ini hanya mampu digunakan oleh pengguna Cloudflare berbayar atau jika Penyedia Layanan Cloud yang Anda gunakan memiliki kerjasama dengan Cloudflare.

Itulah beberapa aspek yang dimiliki Cloudflare untuk meningkatkan performa aplikasi bisnis. Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi kamu di sini atau ke sales@zettagrid.id.