3 Penyebab Kehilangan Data di Office 365

3 Penyebab Kehilangan Data di Office 3653 Penyebab Kehilangan Data di Office 365

Siapa yang tidak kenal dengan cloud Software as a Service (SaaS)? Di era perkembangan teknologi saat ini, cloud SaaS menjadi teknologi yang sangat umum digunakan untuk kebutuhan organisasi. Jika di masa lalu setiap komputer memiliki drive disk dan meng-install perangkat lunak baru untuk kebutuhan bekerja, maka saat ini SaaS hadir dan menggantikan cara konvensional tersebut. Dengan biaya yang lebih terjangkau, konfigurasi yang cepat, skalabilitas, dan fleksibilitas, SaaS menjadi salah satu infrastruktur yang praktis digunakan untuk organisasi. 

Salah satu cloud SaaS yang cukup populer hingga hari ini adalah Office 365. Layanan ini merupakan sebuah produk dari Microsoft yang dibuat untuk mengefisiensikan dan meningkatkan produktivitas organisasi. Selain itu, layanan ini juga menyediakan beragam fitur lain, seperti email, aplikasi cloud, hingga file sharing yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan kolaborasi kerja.

Dilihat dari fungsi dan fiturnya, layanan Office 365 memang menawarkan layanan yang efektif dan fleksibel. Namun bukan berarti data bisnis dapat tetap aman tersimpan pada layanan satu ini. Menurut iland.com, Microsoft menyediakan beberapa proteksi mendasar untuk menjaga data Anda, tapi jika terjadi kehilangan data, layanan tersebut tidak menyediakan Backup untuk mengembalikan data yang hilang. Padahal jika melihat penelitian Veeam, 81 persen dari seribu pekerja IT professional mengalami kehilangan data di Office 365.

Lalu, apa saja yang bisa menjadi penyebab kehilangan data di Office 365? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Human Error

3 Penyebab Kehilangan Data di Office 365

(Sumber: shironosov from Getty Images)

Pernahkah Anda atau karyawan menghapus salah satu data bisnis secara tidak sengaja? Atau apakah Anda pernah menghapus data bisnis, padahal sebenarnya Anda masih membutuhkan data tersebut di masa yang akan datang?

Jika Anda masih memiliki Backup data, pastinya histori data dan kelangsungan bisnis masih bisa diselamatkan. Tapi, bagaimana jika bisnis Anda tidak memiliki Backup data? Pastinya Anda atau bahkan manajemen akan repot melacak kembali histori data bisnis, terlebih jika data yang terhapus adalah data penjualan, ini pasti akan mengganggu kelangsungan bisnis Anda.

Begitu pula jika salah satu data bisnis di layanan Office 365 terhapus secara tidak sengaja. Ini tidak hanya akan membuat Anda kelam-kabut, tetapi organisasi juga akan ripuh karena layanan ini tidak memiliki Backup. Oleh sebab itu, Backup menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh layanan Office 365 organisasi Anda untuk meminimalisir risiko kehilangan data.

2. Virus atau Malware 

3 Penyebab Kehilangan Data di Office 365

(Sumber: stevanovicigor from Getty Images)

Pekerjaan bisnis rutin mengandalkan perangkat digital? Jika iya, maka Anda perlu berhati-hati sebab perangkat digital tidak terlepas dari virus, malware, atau beragam pencurian data lainnya. Coba bayangkan, saat Anda tengah bekerja tiba-tiba komputer Anda tidak bisa dioperasikan dan di layar monitor hanya muncul gambar seperti di bawah ini.

Anda pasti akan panik, terlebih ketika data bisnis tidak dapat diakses atau menghilang. Tentu ini tidak hanya akan membuat Anda cemas, tetapi satu organisasi juga repot dibuatnya. Begitu pula jika malware ikut menginfeksi data di Office 365 Anda. Meskipun layanan tersebut memiliki fitur keamanan untuk menyangkal malware, tapi fitur tersebut tidak mampu mendeteksi setiap infeksi yang bisa diakibatkan malware ataupun virus.

3. Overwritten Data

data office 365

(Sumber: Pashalgnatov from Getty Images)

Meski Office 365 menawarkan manajemen layanan yang lebih mudah dan regulasi keamanan data, tapi keduanya tidak cukup untuk melindungi bisnis dari risiko overwritten data. Kehilangan data di Office 365 bisa saja terjadi ketika Anda secara sengaja maupun tidak, mengganti data yang valid dengan yang tidak valid (overwritten data). Jika sudah begini, bisakah Anda tetap menjamin kelangsungan bisnis Anda?

Maka dari itu, sebuah solusi pun diperlukan untuk memitigasi risiko kehilangan data akibat overwritten data. Dengan strategi keamanan yang tepat, bisnis bisa lebih meminimalisir skenario terburuk dari hilangnya data bisnis di Office 365.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kehilangan data di Office 365 Anda. Dengan melihat beberapa kasus tadi, Anda pasti tahu kan apa #SolusiYangPasti untuk bisnis Anda? Tapi jika belum, nantikan kami selanjutnya di #SolusiYangPasti berikutnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang solusi cloud kami, hubungi kami di sini atau ke sales@arupa.id.