5 Kelebihan Menggunakan ERP Berbasis Cloud

ERP berbasis cloud5 Kelebihan Menggunakan ERP Berbasis Cloud

 

Dengan ERP konvensional yang diterapkan bisnis Anda saat ini, apakah Anda yakin bisnis tetap akan berjalan dengan optimal?

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, banyak bisnis kini didorong untuk melakukan beragam inovasi. Salah satu cara yang banyak digunakan bisnis untuk bisa mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan ERP.

Secara istilah, Enterprise Resources Planning (ERP) merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan sumber daya serta kegiatan bisnis perusahaan, seperti keuangan, produksi, hingga hal-hal lainnya. Bagi perusahaan yang telah menerapkan sistem ERP, pastinya memonitor operasional bisnis terasa jauh lebih cepat dan mudah. Tidak hanya itu, sistem perusahaan pun lebih tertata dengan rapi bila dibandingkan dengan sistem manual. Sehingga, tak mengherankan jika ERP semakin diminati di masa kini.

Meski memiliki beragam keuntungan tersebut, nyatanya ERP konvensional juga mampu mendatangkan tantangan tersendiri bagi pengusaha. Tantangan tersebut dapat melibatkan investasi dalam hal pemeliharaan infrastruktur IT, seperti kebutuhan hardware, software, hingga sumber daya IT seperti administrator sistem dan database, network engineer, hingga operator entri data. Akibat dari hal ini, tak sedikit pula bisnis yang harus mengeluarkan anggaran cukup besar untuk kebutuhan pemeliharaan dan upgradasi sistem. Jika bisnis Anda menggunakan ERP konvensional, Anda pastinya tidak ingin kan masalah tersebut terjadi kepada perusahaan?

Dari pada harus berkutat dengan kendala teknis yang umum, ada baiknya bisnis mulai mempertimbangkan ERP berbasis cloud. Berbeda dengan ERP konvensional yang sistemnya harus diterapkan pada on-premise, sistem ERP berbasis cloud lebih fleksibel karena kapasitas server dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, memungkinkan bisnis untuk melakukan integrasi secara fleksibel dengan menggunakan perangkat apapun selama tersambung dengan internet. Di samping itu, ERP berbasis cloud juga memiliki beragam keuntungan yang perlu dipertimbangkan bisnis. Simak di antaranya berikut ini:

1. Menekan Biaya Modal

Bila dibandingkan dengan ERP konvensional, ERP berbasis cloud membutuhkan biaya modal yang lebih rendah. Hal ini dapat terjadi mengingat Anda tidak perlu lagi membeli dan melakukan pemeliharaan server atau perangkat keras agar bisa mendukung ERP bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mengesampingan biaya operasional perusahaan untuk kebutuhan bisnis yang lebih penting.

2. Mengurangi ketergantungan sumber daya IT

Bisnis yang menggunakan ERP konvensional pastinya akan lebih banyak membutuhkan sumber daya untuk melakukan pemeliharaan dan maintenance infrastruktur IT. Jika terus dibiarkan, perusahaan akan terus mengeluarkan anggaran yang besar demi memenuhi ketergantungan sumber daya IT.

Namun jika bisnis Anda menggunakan ERP berbasis cloud, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut.  Sebab, dengan teknologi satu ini perusahaan dapat lebih menghemat biaya operasionalnya. Selain itu, tim IT Anda juga dapat lebih berfokus pada tugas-tugas lain yang lebih kompleks dan menguntungkan bisnis.

3. Dapat diakses secara fleksibel

Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, bekerja dari rumah (work from home, WFH)  tentu sangat disarankan untuk berbagai sektor industri, termasuk dunia bisnis. Demi memudahkan hal tersebut, ERP berbasis cloud bisa menjadi salah satu solusi agar bisnis mampu memantau seluruh operasionalnya dari mana pun dan dalam waktu apapun. Tak hanya itu, dengan karakter yang fleksibel, ERP berbasis cloud juga memudahkan perusahaan untuk menghasilkan berbagai laporan bisnis dengan mudah dengan tepat waktu di masa seperti sekarang.

4. Skalabilitas ERP Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Bisnis

Demi memenuhi tuntutan perubahan bisnis Anda, pastinya Anda perlu menyesuaikan skalabilitas ERP sesuai dengan kebutuhan perusahaan. ERP berbasis cloud bisa membantu bisnis Anda mencapai hal tersebut. Dengan teknologi satu ini, bisnis dapat menurunkan maupun meningkatkan skalabilitas ERP kapan pun diperlukan.

5. Data tersimpan lebih aman

Sadarkah Anda? Menjalankan ERP konvensional sebenarnya lebih berisiko terjadi kehilangan data. Hal ini dapat dikatakan mengingat data tersebut lebih banyak disimpan di flash drive atau PC yang rentan terjerat pelaku kejahatan siber.

Untuk menghindari hal tersebut, ERP berbasis cloud bisa menjadi pilihan bagi bisnis Anda. Sebab pada cloud, fitur keamanan firewall mampu melindungi bisnis dari traffic yang berbahaya, seperti virus dan serangan hacker. Tak hanya itu, layanan cloud juga menyediakan sistem keamanan Two-Factor Authentication demi melindungi bisnis dari pengguna yang tidak dikenal dan memaksa masuk ke sistem Anda. Sehingga, data dapat lebih tersimpan dengan aman.

Di Zettagrid, kami dapat membantu bisnis Anda untuk mencapai efisiensi IT dengan memigrasikan sistem ERP Anda ke cloud. Tidak perlu khawatir mengenai sistem keamanan, karena Zettagrid telah menyediakan sistem keamanan firewall berlapis yang mampu melindungi sistem ERP bisnis Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa mendisukikannya bersama kami di sini atau ke sales@zettagrid.id.