Perhatikan 3 Faktor Keamanan Data Sebelum Memilih Cloud Provider

Faktor Keamanan Data

Perhatikan 3 Faktor Keamanan Data Sebelum Memilih Cloud Provider

 

Di era teknologi ini, banyak pengusaha telah menyadari pentingnya penggunaan Cloud Computing bagi kebutuhan bisnisnya. Seperti yang telah Anda ketahui, cloud telah menawarkan kemudahan kepada penggunanya untuk mengakses dokumen dari mana saja dan kapan saja. Tak hanya itu, teknologi satu ini juga semakin populer karena mampu menyimpan data dalam kapasitas besar. Sehingga, tak diragukan lagi jika cloud telah memberikan layanan yang efisien kepada penggunanya.

Meskipun cloud telah memberikan kemudahan dalam pemanfaatannya, teknologi satu ini nyatanya tak bisa terlepas dari ancaman siber. Berbagai studi dan riset menyatakan salah satu pemanfaatan cloud yang masih menjadi perhatian utama adalah keamanan cloud itu sendiri. Belum lagi, saat sebuah bisnis memilih untuk memanfaatkan layanan Cloud Computing, pengusaha pastinya akan memberikan sebuah kepercayaan akan jaminan privasi dan keamanan data kepada cloud provider.

Untuk itu, sebelum menentukan cloud provider yang tepat, penting bagi pengguna untuk mengetahui sistem dan kebijakan keamanan yang diberikan oleh penyedia. Berikut 3 Faktor Keamanan Data Sebelum Memilih Cloud Provider

  1. Pahami skema lingkungan cloud yang disediakan Cloud Provider

Ketika bisnis Anda telah menentukan cloud provider, Anda pastinya telah mempercayakan pusat data penyedia sebagai tempat penyimpanan data bisnis. Untuk itu, sangat penting dalam memastikan layanan dan kebijakan keamanan yang diterapkan oleh penyedia. Hal ini perlu dilakukan mengingat serangan siber yang kian berkembang. Sehingga, Anda perlu memahami betul tanggung jawab yang dapat diberikan oleh penyedia layanan cloud.

  1. Pastikan penyedia memberikan kebutuhan pengguna dengan baik

Dalam berlangganan layanan cloud, penyedia layanan biasanya memberikan penawaran terkait kinerja yang sesuai dengan kebutuhan sistem bisnis. Misalnya, jika Anda ingin berlangganan Cloud untuk basis data pelanggan, maka penyedia layanan akan memberikan server khusus untuk hal tersebut. Begitu pula jika Anda ingin mengoptimalkan kinerja sistem bisnis hingga Backup, penyedia layanan pun akan memberikan penawaran yang sesuai.

Untuk itu, Anda perlu tahu kebutuhan server bisnis. Sehingga, penyedia tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda, tetapi juga memberikan lapisan perlindungan tambahan.

  1. Tentukan penyedia layanan yang memiliki sertifikasi keamanan

 

Sebelum memigrasikan data Anda ke cloud, ada baiknya bagi Anda untuk menentukan penyedia layanan yang memiliki sertifikasi keamanan terpercaya. Banyak cloud provider sudah memiliki ISO 27001 dan memiliki SLA untuk menjamin kerahasiaan data Anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran data. Selain itu, apabila penyedia layanan cloud melanggar sertifikasi keamanan tersebut dengan membocorkan data pelanggan, izin layanan penyedia tersebut akan dicabut dan diproses secara hukum.

 

Zettagrid Indonesia merupakan salah satu penyedia layanan cloud computing untuk solusi perusahaan anda di saat menghadapi situasi pandemi yang tidak menentu ini. Layanan cloud Zettagrid telah bersertifikasi ISO/IEC 27001:2013 terkait keamanan informasi untuk ketentuan hosting, jaringan, dan layanan suara sesuai pernyataan penerapan v1. Sehingga, data pelanggan dapat terjaga dengan baik dan aman.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami, anda dapat menghubungi kami di sini atau melalui tim kami di sales@zettagrid.id.