Solusi PSBB PT. Beta Pramesti Asia

Solusi PSBB PT. Beta Pramesti Asia

Solusi PSBB

Perusahaan

Industri

Engineering, Procurement and Construction

Kebutuhan Bisnis

Banyaknya jumlah karyawan dan pentingnya data-data yang tersimpan di dalam aplikasi membuat perusahaan membutuhkan akses dengan tingkat keamanan yang tinggi. Selain itu perusahaan juga membutuhkan solusi PSBB yang mudah, cepat diimplemetasikan, serta dapat memiliki kemampuan untuk memonitor kinerja karyawan selama WFH berlangsung.

Manfaat dari penggunaan ACD bagi PT. Beta Pramesti Asia

  • Berhasil menerapkan kerja dari rumah (WFH) menggunakan Arupa Cloud Desktop dengan proses implementasi beberapa jam saja, mudah digunakan, sehingga mendapatkan feedback positive dari user/karyawan.
  • Solusi dapat dipakai di device apapun milik karyawan dari mulai PC, laptop, tablet, iPad, dan smartphone
  • Manajemen infrastruktur yang simple, sehingga tidak perlu membutuhkan waktu yang lama bagi karyawan untuk terbiasa menggunakan ACD.
  • Kerja karyawan tetap terpantau oleh HR walaupun sedang WFH.
  • Efisiensi dan produktivitas meningkat karena harga yang terjangkau dan tidak butuh waktu lama dalam mengimplementasikan
  • Tim support dari ACD yang selalu membantu dan mudah dihubungi selama 24/7

Tantangan

Beta Pramesti Asia memiliki ratusan karyawan yang bekerja baik di lapangan maupun di kantor pusat. Kami selalu berkomunikasi dengan baik satu sama lain dengan tim kami untuk mengerjakan project yang sedang kami bangun untuk client-client kami.

Dengan adanya pandemik COVID-19, kami merasa bahwa karyawan merupakan asset berharga bagi perusahaan kami, sehingga kami ikut memberlakukan Work From Home (WFH) sesuai dengan himbauan pemerintah. Namun karena kami selama ini bekerja dari desktop/pc dan memiliki aplikasi tersendiri untuk karyawan seperti reporting, design construction, operation, dll yang sangat vital untuk perusahaan, ini menjadi concern bagi kami untuk mengimplementasikan WFH yang aman. Selain itu jika desktop kantor dibawa karyawan akan repot, ataupun jika kami harus memasang software lisence akan lebih mahal dan memakan waktu yang panjang dalam stuasi yang mendadak seperti ini.

Solusi

Sebagai perusahaan Konstruksi yang membawahi banyak karyawan, kami merasa kesehatan dan kesejahteraan merupakan tanggung jawab dari kami. Kemudian kami berbicara dengan tim Zettagrid Indonesia yang sudah kami gunakan juga sebelumnya sebagai cloud provider kami untuk mengimplementasikan Arupa Cloud Desktop sebagai solusi PSBB untuk kami selama WFH berlangsung.

Kenapa memilih Arupa Cloud Desktop?

Beta Pramesti Asia berlangganan Arupa Cloud Desktop untuk mengakomodasi aplikasi desktop yang kami gunakan saat ini. Karena situasi yang sangat mendadak seperti ini, kami langsung meminta tim Arupa untuk mendeploy Arupa Cloud Desktop pada sistem kami. Selain itu tim Arupa juga sangat membantu kami dalam memberikan saran mengenai jumlah desktop agar lebih efisien dan mengajarkan kami untuk menggunakan serta menjawab pertanyaan-pertanyaan kami selama 24/7.

Membangun Arupa Cloud Desktop

Proses deployment dari Arupa Cloud Desktop tidak sampai sehari, bahkan hanya beberapa jam. Padahal ada 50-100 desktop yang saat ini aktif dipakai di kantor kami.

Manfaat bagi kinerja dan produktivitas juga terbukti. Pengguna desktop dapat dengan mudah menggunakan Arupa Cloud Desktop dimanapun, dengan device apapun tanpa butuh proses training yang panjang. Hal ini karena Arupa Cloud Desktop dapat di akses pada web browser masing-masing user/karyawan dan memiliki looks and feel yang sama persis dengan apa yang ada di dalam aplikasi kami. Begitu karyawan kami menggunakan ACD ini, mereka sangat senang, terutama bagian HR karena mereka dapat memonitor kinerja karyawan tanpa ragu bahwa kinerja karyawan akan berkurang ketika WFH. Terbukti bisnis kami tetap berjalan seperti biasa.

Cara kerja Arupa Cloud Desktop pada aplikasi di Beta Pramesti

Basic Deployment ACD

ACD mendapatkan respon positif bagi karyawan kami, karena device mereka tidak terbebani dan tetap berjalan lancar, karena proses aplikasi yang digunakan atau di akses oleh user seluruhnya berjalan pada cloud infrastruktur Zettagrid secara keseluruhan. Dengan kata lain user/karyawan hanya menerima tampilan hasil atau output dari aplikasi.

Selain itu kami dapat melakukan management user akses sehingga user mengakses sesuai dengan aplikasi mereka masing-masing berdasarkan divisi mereka masing-masing. Kemudian kami juga dapat melakukan management aplikasi. Dimana aplikasi-aplikasi yang akan kami gunakan secara bersama-sama dapat diinstall kemudian dipublish pada server host ACD. Cara mengaksesnya pun mudah, user/karwayan kami dapat mengakses ACD menggunakan dua metode, metode pertama dengan full web browser dan metode kedua dengan memanfaatkan remote desktop service pada device apapun yang dimilikioleh karyawan.

 

Keunggulan yang kami rasakan

Solusi PSBB Beta Pramesti

Fleksibel dan mudah di monitor

Fleksible dalam proses akses penggunaan, security yang aman dan  implementasi dalam waktu yang relative singkat pada infrastuctur Cloud Zettagrid menjadi alasaan kami menerapkan ACD sebagai solusi WFH untuk menggantikan remote tool Anydesk. Selain itu, kami juga dapat melakukan pelebaran network dari Infrastuctur Cloud ACD di Zettagrid ke Network kantor Beta Pramesti Asia dan ada opsi configurasi VPN untuk kebutuhan private network.

Implementasi ACD untuk metode WFH karyawan memudahkan  pekerjaan Kami sebagai Tim IT PT Beta pramesti, yang awalnya mengharuskan kami untuk datang ke kantor setiap hari, menjadi cukup memastikan dan memantau secara online. Karyawan dapat mengakses aplikasi pada host ACD sesuai jobdesknya masing-masing.

Proses deployment yang cepat dan sukses

Proses deployment ACD sangat cepat, kurang dari satu hari sudah selesai dan dapat dipakai langsung oleh user. Kemudian tim product dari ACD sangat efisien dan sangat ahli. Mereka juga membantu kami jika kami ada pertanyaan dan menjelaskan cara pemakaian ACD ini dengan baik.

Sistem pembayaran mudah dan harga yang kompetitif

ACD ini menguntungkan bagi kami karena cukup mengurangi biaya yang kami keluarkan untuk investasi hardware on premise yang memakan biaya cukup besar. Kemudian dibantu dengan harga yang memang tetap tidak naik turun karena terpengaruh US Dollar yang saat ini sedang tinggi akibat dari penyebaran COVID-19 ini.

Dapat mencapai ROI

ROI yang kami capai dari ACD sangat positif. Kami dapat melakukan efisiensi terutama dalam biaya investasi Hardware, sehingga kami dapat melakukan penghematan, dari mulai biaya awal hardware yang mahal, lisensi software, dan biaya maintenance hardware itu sendiri. Hal ini memungkinkan PT. Beta Pramesti untuk bekerja tetap efisien selama WFH berlangsung.

Team support yang friendly dan helpful

Team ACD terlatih dengan baik, tidak hanya tentang ACD, mereka juga ahli dalam memberikan solusi IT lainnya yang dapat mempermudah pekerjaan kami. Setiap kami membutuhkan bantuan dan menanyakan sesuatu responnya juga cepat dan bisa ditanyakan kapan saja selama 24/7.

Dapat memonitoring pekerjaan karyawan walaupun bekerja di rumah

Pada saat angka penyebaran COVID-19 mulai tinggi di Indonesia, kami memutuskan untuk memberlakukan sistem kerja WFH, namun kami tetap ingin memantau kinerja produktivitas karyawan. Untungnya kami menggunakan ACD karena kami dapat memonitor berapa jam karyawan bekerja di desktop yang mereka pakai dengan devicenya masing-masing ketika bekerja di rumah. Kami juga bisa tahu aktivitas apa saja yang mereka lakukan di desktop tersebut sehingga walaupun bekerja di rumah kami tetap dapat memantau karyawan kami.

Untuk melakukan pemesanan dan free trial solusi PSBB Arupa Cloud Desktop anda dapat menghubungi kami disini sales@zettagrid.id atau di telepon +6221 2789 9962, +62 811 283 878.

Download PDF customer story disini