Tips Untuk Mengamankan Data Perusahaan Anda Selama WFH

Tips Untuk Mengamankan Data Perusahaan Anda Selama WFH

Keamanan WFH

Menyebarnya pandemic COVID-19 yang saat ini tengah menjadi tantangan besar bagi Indonesia bahkan global mengharuskan pengusaha untuk memutar otak bagaimana cara untuk membuat business continuity plan mereka. Apalagi saat ini pemerintah telah menghimbau pengusaha untuk melakukan sistem kerja di rumah atau work from home (WFH) bagi karyawan mereka.

WFH sendiri menjadi tantangan lagi bagi para pengusaha terutama dalam divisi atau bidang IT. Segala sistem keamanan dan kenyamanan serta ukuran produktivitas karyawan menjadi pertimbangan yang harus dimasak dengan matang oleh para pengusaha, agar bisnis tetap berjalan lancer dan aman tanpa hambatan.

Ketika karyawan bekerja dari rumah pastinya tingkat keamanan dari data dan aplikasi perusahaan tidak lagi dilindungi oleh lapisan keamanan seperti layaknya mereka bekerja di kantor. Namun ada beberapa cara yang dapat di terapkan oleh anda sebagai pengusaha untuk meminimalisir resiko terjadinya serangan hacker ketika WFH berlangsung.

Berikut tips untuk menjaga keamanan digital selama WFH:

  1. Hindari penggunaan public Wi-Fi

Public Wi-Fi rentan terhadap resiko keamanan yang signifikan terutama pada serangan hacker. Hal ini disebabkan karena orlang lain dapat memiliki akses ke jaringan yang sama dengan jaringan yang user anda sedang pakai. Selain itu memungkinkan juga  pihak lain yang ikut menggunakan jaringan public ini dapat memonitor apa yang karyawan anda lakukan dengan data ataupun aplikasi anda. Untuk itu dibutuhkan firewall untuk mengamankan data dan aplikasi anda.

  1. Tetaplah simpan data anda pada server di kantor

Ketika karyawan anda bekerja di rumah, anda tidak tahu bagaimana kelengkapan yang dimiliki, kecuali anda telah membekali device karyawan anda satu persatu dengan segala perangkat firewall sebelum anda memulai kebijakan WFH. Namun, tentunya akan memakan proses yang panjang disaat yang kritis seperti ini.

  1. Gunakan teknologi Arupa Cloud Desktop

Arupa Cloud Desktop

Arupa Cloud Desktop adalah solusi untuk keamanan data dan aplikasi critical perusahaan anda yang dapat digunakan melalui web browser dari device dan operating system apapun yang dimiliki oleh karyawan anda, dari mulai PC, laptop, tablet, iPad, hingga smartphone. Arupa Cloud Desktop juga telah dilengkapi oleh lapisan keamanan dari mulai firewall, IDS/IPS, VPN dan standar SSL Encrypption, yang umumnya digunakan untuk proteksi sistem online banking dan secure payment. Selain itu, aplikasi hanya akan disimpan pada server pusat anda sehingga data dan aplikasi akan tetap aman dari serangan hacker.

Hubungi kami di sales@zettagrid.id atau telepon di +6221 2789 9962, +62 811 283 878 untuk informasi dan pemesanan Arupa Cloud Desktop.

Klik disini untuk mengunduh product information mengenai Arupa Cloud Desktop