6 Tips Memilih Cloud Provider

Tips memilih cloud provider

6 Tips memilih cloud provider by Zettagrid Indonesia

Kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh cloud computing memunculkan banyaknya cloud service provider yang bermunculan saat ini. Namun, bagaimanakah cara untuk memilih layanan cloud yang tepat untuk kebutuhan bisnis anda? Berikut beberapa tips yang dapat anda perhatikan sebelum memilih provider.

 

  1. Cari tau dan pastikan kebutuhan anda

Seiring dengan pertumbuhan bisnis anda, anda wajib mencari tahu produk cloud apa yang anda butuhkan. Setelah anda tahu kebutuhan anda, lakukan research mengenai cloud provider yang menyediakan layanan yang anda butuhkan, lalu bandingkan satu sama lain dari berbagai aspek.

  1. Mudah Digunakan

Cloud computing memang memiliki efisiensi tinggi sebagai solusi infrastuktur IT anda, namun anda perlu memperhatikan apakah penggunaan cloud yang disediakan oleh provider anda mudah digunakan. Mudahnya penggunaan cloud akan membantu meringankan pekerjaan anda.

  1. Cari tahu bagaimana layanan customer support 

Pastikan anda berlangganan cloud yang menyediakan fasilitas customer service 24/7 tanpa hambatan. Sehingga kapanpun anda membutuhkan bantuan, provider dapat melakukan penanganan secepatnya. Cari tahu dari review orang-orang terdekat atau secara online.

  1. Pertimbangkan untuk menggunakan Cloud Backup

Cloud Backup adalah hal yang perlu dipertimbangkan jika anda memiliki on-premise server dan sistem komputasi dengan data-data yang berharga mengenai bisnis anda. Memiliki cloud backup di lokasi yang berbeda dapat menghindari anda dari resiko yang disebabkan oleh bencana maupun serangan cyber yang dapat menghapus data-data penting anda.

  1. Pembayaran yang terprediksi

Pilihlah provider yang memiliki struktur pembayaran yang simple, transparan dan terprediksi. Sehingga menghindari anda dari tagihan penggunaan layanan yang bisa membuat anda terkejut.

  1. Perhatikan reputasi cloud provider

Cari tahu reputasi dari cloud provider yang ingin anda gunakan, yaitu tingkat service level agreement (SLA), tingkat tier data center, keamanan, serta telah memiliki sertifikasi. Sehingga anda yakin jika data anda aman maka bisnis anda dapat berjalan sebagaimana mestinya.

 

Bagi anda yang masih bingung dalam menentukan cloud provider mana yang akan anda gunakan, Zettagrid bisa menjadi pilihan anda. Zettagrid memliki layanan cloud yang simple, fleksibel dan pastinya menawarkan harga yang kompetitif. Anda juga tidak perlu pusing, customer service kami dapat dihubungi 24/7 melalui telepon, e-mail, bahkan Whatsapp jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kontak team kami di link ini untuk info lebih lanjut.